Home Politik 10 Parpol di Depok Dapat Kucuran Banpol
10 Parpol di Depok Dapat Kucuran Banpol

10 Parpol di Depok Dapat Kucuran Banpol

7
0

METRO DEPOK – Seluruh pimpinan partai politik (parpol) di Kota Depok, khususnya partai peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 bersuka cita. Pasalnya, mereka kini mendapatkan kucuran dana bantuan partai politik (banpol) sebesar  Rp870.716. 876, 4 yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menuturkan, banpol yang dikucurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 tahun 2009 tentang bantuan partai politik. Pemberian dana ini hasil dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dihitung berdasarkan jumlah suara yang diterima parpol.

“Tidak ada kenaikan banpol dan masih sama seperti tahun kemarin. Kami berharap dana banpol ini bisa dpergunakan sebaik-baiknya oleh parpol di Kota Depok,” tuturnya kepada pewarta usai menandatangani pemberian dana banpol, kemarin.

Ia menuturkan, sesuai dengan aturan yang ada, banpol ini diperuntukan sebesar 60 persen untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk operasional parpol penerima. Karenanya, lanjut Pradi, pihaknya meminta kepada seluruh parpol untuk bertanggung jawab atas bantuan tersebut. Dia juga berharap agar banpol tersebut digunakan untuk mengedukasi masyarakat terkait pembelajaran politik dan berdemokrasi.

“Kita berharap para parpol di Kota Depok dapat menggunakan dana ini sebagaimana mestinya dan tentunya bisa bermanfaat untuk kemajuan dan kecerdasan masyarakat Kota Depok dari sisi wawasan politik,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, bantuan dana politik dari pemerintah digunakan untuk pendidikan politik, pengkaderan, dan administrasi partai. Untuk jumlah yang diberikan, lanjutnya, tergantung dari perolehan suara yang di dapat pada Pileg 2014 yang lalu. Setiap satu suara dihargai sebesar Rp1.077.

“Pencairan bantuan keuangan partai ini akan dicairkan segera bila berkas setiap parpol sudah legkap ditanda tangani. Untuk jumlah banpol masih sama seperti tahun kemarin,”paparnya.

Adapun Parpol yang mendapatkan bantuan terbesar, yakni PDI Perjuangan Rp178 juta dengan perolehan 165.144 suara. Sedangkan, partai terkecil yang mendapatkan bantuan: Partai Nasional Demokrat (Nasdem), sebesar Rp27 juta dengan perolehan 25.418 suara.

“Kita berharap dana ini bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Tentu untuk pembangunan Kota Depok lebih baik kedepan, terutama dalam mecerdaskan masyarakat dari sisi politik,” tutupnya. (ws)

7