Home Dibaleka 32 Kepala Puskesmas Dilatih Manajemen
32 Kepala Puskesmas Dilatih Manajemen

32 Kepala Puskesmas Dilatih Manajemen

8
0

Metro Depok – Sebanyak 32 kepala puskesmas mengikuti pelatihan manajemen fasilitas kesehatan tingkat pertama yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Kamis (15/03).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari mengatakan pelatihan tersebut dilakukan sebagai dukungan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

“Perlu pemahaman lebih kepada puskesmas yang mulai melaksanakan PIS-PK. Oleh karena itu, pihaknya pun mengadakan pelatihan manajemen puskesmas untuk meningkatkan pelayanan dan mutu kesehatan di Depok,” ungkapnya.

Dijelaskannya, program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sudah dimulai sejak 2017 dengan fokus pertama di Puskesmas Cimanggis. Untuk tahun ini, 32 puskesmas di Kota Depok akan mulai melaksanakan PIS-PK.

“Karena itu, guna menunjang pelaksanaannya dan memenuhi kebutuhan masyarakat, diadakan pelatihan tersebut,” ujar Enny.

Menurut Enny, untuk melaksanakan strategi peningkatan pelayanan kesehatan diperlukan pendekatan keluarga. Untuk mendukung keberhasilannya, kepala puskesmas harus mampu menggunakan data profil kesehatan keluarga sebagai dasar manajemen di fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut. Dengan begitu, nantinya pelaksanaan program PIS-PK lebih tepat sasaran.

“Demi pelayanan yang optimal, kepala puskesmas harus memiliki dasar dan pendekatan yang lebih intens kepada masyarakat,” tandasnya.

Pihaknya berharap semua puskesmas di Kota Depok dapat lebih memaksimalkan pendataan keluarga. Dengan begitu, ke depannya masyarakat di Kota Depok dapat terbebas dari berbagai penyakit, serta program Indonesia Sehat yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dapat terwujud. (Hen/MD/JPG)

8

Ad Banner 728 x 90