Home Politik 33 Anggota Panwascam Dilantik
33 Anggota Panwascam Dilantik

33 Anggota Panwascam Dilantik

27
0

Metro Depok – Sebanyak 33 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan ( Panwascam ) di Kota Depok, resmi dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, di Wisma Hijau, kemarin.

Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana mengatakan, setiap anggota panwascam yang dilantik, telah melalui serangkaian seleksi yang cukup panjang, mulai dari tes administrasi, pemeriksaan urine, tes tertulis, hingga tes wawancara.

“Proses perekrutan yang cukup ketat tersebut bertujuan agar setiap anggota Panwascam yang dilantik merupakan orang-orang terbaik yang dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,” kata Dede.

Setelah dilantik, katanya lagi, para anggota panwascam akan melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018 dan Pemilu 2019 di masing-masing Kecamatan yang ada di Depok. Nantinya, setiap kecamatan akan didampingi oleh tiga orang anggota Panwascam.

“Pengawasan ini bertujuan apabila ditemukan indikasi kecurangan dalam praktek pelaksanaan Pilgub dan Pemilu tersebut, maka para anggota Panwascam akan melapor ke Panwaslu Kota Depok,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, setiap anggota panwascam diharapkan mampu melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik, serta mampu menjaga integritas diri maupun lembaganya.

“Karena hal tersebut sangatlah penting untuk menciptakan Pilgub Jabar yang bersih dan berintegritas,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan, usai pelantikan masing-masing panwascam langsung menggelar rapat pleno yang bertujuan untuk memilih ketua dan penempatan di divisi-divisi di panwascam masing-masing kecamatan.

Tiga divisi tersebut antara lain Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, serta Divisi Penindakan Penggaran. Selepas pleno, panwascam langsung mengikuti diklat selama tiga hari di Wisma Hijau.

“Mereka langsung mengikuti diklat. Ada sepuluh modul yang dipersiapkan untuk mereka dan itu berkaitan dengan tugas mereka sebagai Panwascam,” tutupnya.(ws)

27