Home Dibaleka 500 UKM Dapat Pembinaan DKUM Kota Depok
500 UKM Dapat Pembinaan DKUM Kota Depok

500 UKM Dapat Pembinaan DKUM Kota Depok

20
0

Metro Depok – Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok menargetkan sebanyak 500 pelaku usaha akan direkrut dan dibina pada tahun ini. Para pelaku usaha yang akan direkrut ini diutamakan dalam bidang produksi pangan.

Kepala DKUM Kota Depok, M. Fitriawan mengatakan, pembinaan kepada para pelaku usaha pangan ini bertujuan agar produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi dan masyarakat merasa nyaman saat mengkonsumsinya.

“Terkait pembinaan ini, kami mengandeng Dinas Kesehatan untuk mengecek kelayakan produk pangan yang dihasilkan pelaku UKM,” kata Fitriawan, Minggu (15/04).

Dijelaskannya, pembinaan para pelaku usaha UKM ini sudah berlangsung sejak lama. Namun secara intensif per 2017 lalu.

“Melalui pembinaan yang dilakukan, para pelaku usaha diberikan pelatihan dalam mengemas sebuah produk. Tapi sebelumnya, Dinas Kesehatan Depok yang menguji kelayakan produk yang dihasilkan,” jelasnya.

Fitriawan menuturkan, para pelaku UMK yang sudah diberikan sertifikat oleh Dinas Kesehatan berarti hasil produksinya layak untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kami DKUM Depok hanya memfasilitasi pelaku usaha kecil,” ucapnya.

Berbagai upaya memang telah dilakukan oleh DKUM Depok dalam rangka meningkatkan kualitas usaha para pelaku usaha kecil. Harapannya dengan upaya yang dilakukan akan mengembangkan usaha mereka. Upaya yang dilakukan salah satunya memfasilitasi dengan pihak perbankan dan lainnya.

“Sudah berjalan dan kami lakukan, contohnya mengundang perbankan seperti BJB dan lainya,” kata Fitriawan.

Diketahui untuk pendaftaran dilakukan di DKUM dengan persyaratan membawa foto copy KTP dan surat izin usaha dari pihak kelurahan. “Kami harapkan pelaku usaha di Depok mendaftarkan diri dan kami menargetkan 500 UKM di Depok tahun ini,” ujarnya. (Hen/MD/JPG)

20

Ad Banner 728 x 90