Home Hot News 569 Orang Daftar Mudik Gratis di Terminal Depok
569 Orang Daftar Mudik Gratis di Terminal Depok

569 Orang Daftar Mudik Gratis di Terminal Depok

114
0

Metro Depok – Sekitar 569 warga sudah mendaftarkan diri jadi peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Terminal Depok, di Jalan Margonda.

Salah satu koordinator tim mudik gratis Kemenhub, Budi Mulya mengatakan sampai Kamis (05/04), sejak pendaftaran dibuka pada Senin lalu sudah mencapai 569 orang pendaftar dengan tujuan berbagai kota, seperti Tegal, Kebumen, Yogyakarta, Solo dan berbagai kabupaten/kota lainnya di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang menjadi tujuan pemudik.

“Untuk di Depok mendapatkan jatah 50 bus dengan kapasitas 45 penumpang setiap bus, dari 1.130 bus yang tersedia,” ujarnya.

Selain itu, kata Budi, jika kuota pemberangkatan dari Depok sudah penuh, pemudik akan dialihkan pemberangkatannya melalui titik keberangkatan di silang Monas Jakarta.

“Jadi untuk kuota pemudik itu sendiri sesuai dengan kapasitas Bus yang disediakan oleh kemenhub,walaupun misalnya kuota pemberangkatan dari Depok sudah penuh,pemudik masih bisa dialihkan melelaui titik keberangkatan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti pendaftaran mudik gratis ini. Calon penumpang hanya mengisi formulir pendaftaran dan membawa identitas berupa KTP dan KK. Sedangkan bagi yang ingin membawa kendaraan seperti motor, harus menyertai surat-surat secara lengkap dan dalam kondisi aktif.

“Pendaftaran mudik gratis kita lakukan secara global yang dilakukan di lima kota, yakni Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta, dan Bogor. Pemudik tinggal memilih tempat keberangkatannya masing-masing. Selain itu, jika pemudik yang ingin membawa kendaraannya juga bisa. Memang sudah disediakan fasilitasnya,” katanya.

Kuota unit bus yang berangkat dari Kota Depok, lanjut Budi, antara lain, KotaTegal 6 unit, Kebumen 4 unit, Purwokerto 5 unit, Yogyakarta 5 unit, Solo 5 unit, Wonogiri 5 unit, Semarang 3 unit, Cirebon 3 unit, Kuningan 3 unit, Ciamis 3 unit, Tasikmalaya 3 unit, Garut 2 unit, dan Banjar 3 unit. Untuk jadwal keberangkatannya, pada 11 Juni 2018.

Sementara, Kepala Terminal Depok, Reynold John mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program yang dilakukan pemerintah tersebut. Dengan begitu, masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya dapat terfasilitasi. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar segera mendaftar karena kuota yang tersedia sangat terbatas.

“Dengan adanya program mudik gratis tersebut juga dapat menekan angka kecelakaan pada saat mudik. Selain itu masyarakat juga terbantu dengan adanya program tersebut,” tuturnya. (Aji/MD/JPG)

114

Ad Banner 728 x 90