Home Dibaleka Anggaran Revitalisasi Tiga Pasar Rp 4 Miliar
Anggaran Revitalisasi Tiga Pasar Rp 4 Miliar

Anggaran Revitalisasi Tiga Pasar Rp 4 Miliar

53
0

Metro Depok – Guna mewujudkan program 1.000 kios yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok, Tiga pasar di Kota Depok akan direvitalisasi. Ketiga Pasar tersebut yaitu, Pasar Tugu, Sukatani, dan Pasar Agung.

Kepala Bidang Sarana dan Bina Perdagangan Dinas Perindustrian Pedagangan dan Perindustrian (Disdagin) Depok Dadang Supriatna menjelaskan, revitalisasi bukan membangun pasar baru.

“Sifatnya adalah perbaikan atau pemeliharaan pasar dan menambah kios sesuai kebutuhan pasar. Rencana di tahun 2019 untuk revitalisasi pasar kami mengajukan tiga pasar,¬† yaitu Pasar Agung, Sukatani dan Pasar Tugu,” ungkap Dadang, Minggu (04/03).

Menurutnya, revitalisasi tiga pasar ini diharapkan bisa menambah kios dan para pedagang bisa menempatkan kios-kios tersebut. Anggaran revitalisasi dinilai tidak terlalu besar karena hanya dipergunakan untuk perbaikan, renovasi, dan penambahan kios los.

Sementara, Kepala Seksi Sarpras Perdagangan pada Bidang Sarana dan Bina Perdagangan Disdagin Depok, Abdul Rahman menambahkan, untuk tiga pasar yang akan direvitalisasi ini Pemkot Depok mengusulkan Rp4 miliar ke Pemerintah Pusat. Rencananya, pelaksanaan revitalisasi akan dilakukan pada 2019.

“Kami usulkan Rp4 miliar itu dana melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” ucap Abra, sapaan akrabnya.

Revitalisasi ketiga pasar dianggarkan masing-masing untuk Pasar Agung Rp Rp1,6 miliar, Pasar Tugu Rp800 juta, dan Pasar Sukatani dianggarkan Rp2 miliar

“Kalau penambahan kios masih dalam tahap perencanaan, karena¬† harus disesuaikan dengan kondisi existing,” kata Abra.

Dijelaskannya, revitalisasi pasar diperuntukkan untuk peningkatan pengembangan kenyamanan, pemberdayaan pasar rakyat sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan di pasar.

“Diharapkan adanya revitalisasi pasar ini kualitas pasar di Depok,” kata dia. (Hen/MD/JPG)

53

Ad Banner 728 x 90