Home Dibaleka Atasi Kemacetan, Depok Usulkan Bangun Jalan Baru
Atasi Kemacetan, Depok Usulkan Bangun Jalan Baru

Atasi Kemacetan, Depok Usulkan Bangun Jalan Baru

12
0

Metro Depok – Untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok diperlukan berbagai langkah untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah jalan baru yang diusulkan untuk dibangun di sejajar Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) untuk mengatasi kemacetan yang terjadi.

Tujuan dari dibangunnya jalan tersebut agar mengurai kemacetan. Para pengendara tidak hanya bisa melewati ruas Jalan Raya Margonda, Jalan Raya Arief Rahman Hakim dan jalan besar lainnya. Melainkan juga bisa melewati jalan baru tersebut. Otomatis hal ini bisa menjadi pemecah kemacetan jalan di Kota Depok.

“Ya memang ada usulan pembangunan sejajar pinggir jalan tol. Tujuannya agar menjadi salah satu jalan pemecah kepadatan arus lalu lintas masyarakat Depok yang ingin menuju kawasan Cinere, Sawangan, dan Tanah Baru,” ungkap Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat apel pagi di Polresta Depok, Senin (05/03).

Pradi mengatakan, usulan tersebut sudah dibawa ke pemerintah pusat dan sudah disetujui. Namun, untuk lahan yang akan dibangun jalan tersebut diserahkan kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Yang jadi masalah saat ini, sambungnya, adalah anggaran untuk pembebasan lahan lantaran Pemkot Depok tidak memiliki anggaran tersebut.

“Walaupun begitu, kami akan tetap mencari cara untuk merealisasikan hal tersebut. Karena ruas jalan baru memang sangat dibutuhkan karena dinilai sangat mendesak,” papar Pradi.

Ia juga mengatakan, pembangunan jalan sejajar Tol Cijago diperkirakan memiliki lebar 24 meter dengan panjang mencapai 8-9 Km. Jalan itu membentang antara Jalan Raya Margonda hingga kawasan Cinere. Untuk merealisasikan jalan tersebut diperlukan dana sekitar Rp3 triliun. (WS/MD/JPG)

12