Home Lintas Binmatkum Kejari Depok Sapa Cilodong
Binmatkum Kejari Depok Sapa Cilodong

Binmatkum Kejari Depok Sapa Cilodong

14
0

Metro Depok – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok melalui Tim Intelijen telah melakukan kegiatan Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) di Aula Kantor Kecamatan Cilodong, Rabu (16/05).

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Kota Depok Kosasih menuturkan Binmatkum adalah nama program Penerangan dan Penyuluhan Hukum, yang meliputi seluruh kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum yang diselenggarakan Kejari Kota Depok. Binmatkum dilaksanakan dalam rangka membina dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

“Kegiatan ini bertemakan ‘Kenali Hukum, Jauhi Hukuman’. Kami ingin masyarakat mengenal hukum serta memberikan penerangan dan penyuluhan hukum agar meningkatnya kesadaran hukum masyarakat,” tuturnya, Kamis (17/05).

Dia mengatakan dalam kegiatan Binmatkum kali ini diikuti oleh perwakilan dari Polsek Sukmajaya, LPM, PKK, Karang Taruna, RW, dan yang ada di Kecamatan Cilodong. Kurang lebih sekitar 75 orang mengikuti kegiatan ini.

“Dalam kegiatan tersebut kami melakukan pemaparan tentang Saber Pungli, Pengenalan Tentang Hukum, dan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Diharapkan nantinya dapat mewujudkan masyarakat sejahtera, taat hukum, tentram dan damai,” katanya.

Kosasih mengatakan kalau program Binmatkum sendiri bukan hanya upaya pencegahan di dalam menekan tingkat kriminalitas, juga sebagai upaya preventif menyiapkan generasi muda sedini mungkin agar mempunyai tingkat pengetahuan hukum yang cukup tentang hukum.

Dengan begitu, mereka akan memiliki kesadaran hukum dan kelak akan menjadi generasi penerus yang lebih mempunyai ciri khas dalam berbudaya hukum.

“Dalam Binmatkum kali ini juga dilakukan sesi tanya jawab antara masyarakat dengan Tim Intelijen Kejari Depok. Masyarakat tampak begitu antusias dalam menyampaikan pertanyaan dari yang telah dipaparkan,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

14