Home Dibaleka BPN Depok Kejar Target Tiga Tol
BPN Depok Kejar Target Tiga Tol
0

BPN Depok Kejar Target Tiga Tol

10
0

METRO DEPOK – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok terus berupaya dalam menyelesaikan proses ganti rugi serta pembebasan lahan milik warga yang terkena proyek jalan tol di Kota Depok.

Rencananya, ada tiga tol yang akan segera dibangun atau digarap di Depok, yakni Tol Cimanggis – Cibitung (Cimaci), Tol Depok Antasari (Desari) dan Tol Cimanggis – Jagorawi (Cijago).

Kepala BPN Kota Depok, Almaini kepada pewarta menuturkan, untuk pengadaan lahan tiga tol tersebut memerlukan sekitar 7.274 bidang tanah. Karenanya pengadaan tanah terus dikebut untuk segera dituntaskan. Targetnya selesai di akhir tahun 2017. Nantinya bila ada masyarakat yang keberatan terkait ganti rugi, akan ditindaklanjuti atau dikonsinyasikan di Pengadilan Negeri (PN) Depok.

“Dari ketiga proyek jalan tol yang melintas di Kota Depok, yang selesai pembebasan sekitar 100 persen di lahan milik warga yang terkena proyek Jalan Tol Cimaci. Yaitu 161 bidang tanah dengan total 5,7 Ha sepanjang 3,5 Km terdapat di Kelurahan Harjamukti dan Sukatani,” tuturnya, kemarin.

Untuk Tol Cijago, lanjutnya, mencapai 4.330 bidang tanah total 136,14 hektar dan terbagi atas tiga seksi pembebasan. Seksi pertama mencakup Kelurahan Harjamukti, Sukatani,  dan Cisalak Pasar yang terdiri dari 1.064 bidang tanah dengan total 35,020 hektar. Untuk seksi kedua sebanyak 1.650 bidang tanah dengan total 5,4 hektar yang berada di Kelurahan Cisalak, Baktijaya, Mekarjaya, Kemiri Muka dan Kukusan.

“Kami sendiri kini sudah masuk di seksi ketiga yakni dengan 1.616 bidang dengan total 4,6 hektar di Kelurahan Tanah Baru, Krukut, Limo dan Cinangka. Kalau tidak salah untuk di Kelurahan Tanah Baru sedang berjalan kegiatan pengukuran ulang ROW,” paparnya.

Almaini juga menjelaskan, untuk pembebasan lahan Tol Desari sendiri direncanakan mencapai 2.783 bidang tanah dengan total 120 hektar dan terbagi atas tiga seksi. Yaitu, seksi satu di Kelurahan Pangkalan Jati Baru dan Gandul dengan 565 bidang tanah dengan total 28,4 hektar. Untuk seksi selanjutnya, tambah Almaini, masih belum bisa dilanjutkan lantaran masih dalam proses di PN Depok.

Seksi kedua dan ketiga pembebasan lahan Tol Desari sendiri ada di Kelurahan Krukut, Grogol, Rangkapan Jaya, Rangkapan Jaya Baru, Cipayung, dan Cipayung Jaya. Untuk di Kelurahan Krukut dan Grogol sendiri baru diselesaikan 38,28 persen di Krukut dan 8,4 persen di Grogol dari rencana 1.277 bidang tanah dengan total 50,1 hektar karena ada gugatan dari warga.

“Karena itu untuk seksi ketiga di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Cipayung dan Cipayung Jaya sebanyak 941 bidang dengan total 42,2 hektar terpaksa tertunda,” tutup Almaini. (ws)

10

Ad Banner 728 x 90