Home Dibaleka Depok Menuju Kota Layak Pemuda
Depok Menuju Kota Layak Pemuda

Depok Menuju Kota Layak Pemuda

27
0

Metro Depok – Selain menuju Kota Layak Anak, Pemerintah Kota (Pemkot) juga berkomitmen mweujudkan Kota Depok sebagai Kota Layak Pemuda (KLP). Melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata), pemkot terus melakukan berbagai upaya guna memaksimalkan peran pemuda di Depok. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk peningkatan kesadaran anak muda.

Kepala Disporyata Kota Depok Wijayanto menyebutkan ada tiga upaya yang dilakukan dalam mewujudkan KLP. Pertama, memberikan penyadaran kepada pemuda agar tidak berperilaku bebas dan menjauhi narkoba. Selain itu, juga bebas dari kegiatan anarkis, kekerasan, paham radikalisme dan terorisme.

“Selanjutnya, peningkatan pemberdayaan pemuda untuk memiliki pendidikan formal yang semestinya dan pengembangan pendidikan informal,” ungkapnya.

Yang terakhir adalah pendekatan untuk pengembangan pemuda dengan maksud agar anak muda memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan dapat mengaktifkan organisasi kepemudaan.

“Saat ini sedang kami maksimalkan peran pemuda yang ada di Kota Depok, dengan harapan ke depannya dapat meningkatkan pembangunan di Kota Depok,” paparnya.

Keberadaan pemuda, katanya lagi, akan membawa energi positif untuk kemajuan pembangunan suatu wilayah. Maka dari itu, pemuda harus diberdayakan dan ditingkatkan perannya di masyarakat. Pembentukan KLP ini berdasarkan Peraturan Menteri dan Pemuda Olahraga (Pemenpora) No.11 Tahun 2017.

Sementara, Kabid Pembinaan Kepemudaan Disporyata Kota Depok Sandi Syamsurizal menambahkan adanya Kota Layak Pemuda ini sebagai upaya pemberintah memberikan pelayanan bagi para pemuda. Upaya yang dilakukan berupa kebijakan, program, dan kegiatan. Tujuannya untuk menjamin terpenuhuinya hak pemuda.

“Tentu ini bentuk dari urusan wajib pemerintah non pelayanan dasar bagi daerah kabupaten dan kota,” kata Sandi.

Wacana ini terus digulirkan oleh Pemkot Depok dengan membangun beberapa taman di kota ini. Nanti kedepan, tempat lokasi taman khusus untuk pemuda seperti apa dan lainya.

“Masih tahapan sosialisasi, sudah mulai dicicil program KLP,” kata dia. (Hen/MD/JPG)

27