Home Dibaleka Depok Prioritas Vaksinasi Corona
Depok Prioritas Vaksinasi Corona

Depok Prioritas Vaksinasi Corona

232
0

DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjanjikan warga Depok akan mendapatkan vaksin untuk mencegah tertularnya virus corona atau Covid-19. Orang nomor satu di Jawa Barat ini menyebut rencananya vaksin ini akan dapat pada bulan depan.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja ke Situ Pladen, Kecamatan Beji, Kota Depok pada Selasa (13/10).

“Saya sudah mengusulkan ke pemerintah pusat bahwa kota yang warganya dapat vaksin itu yang pertama adalah warga Depok. Vaksin ini dibeli dan didatangkan langsung dari luar negeri,” tutur Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa RK ini menyebut, bila mana usulan dirinya disetujui pemerintah pusat maka masyarakat Depok akan segera dilakukan vaksinasi sebagai langkah dalam memutus mata rantai Covid-19.

Apalagi, sambung RK, Kota Depok masih terus mencatatkan adanya penambahan jumlah pasien positif Covid-19. Meski begitu, dalam proses pemberian vaksin nanti, tidak langsung semua warga Depok akan akan divaksinasi tapi secara bertahap.

“Harus bertahap, tahap pertama dari kelompok riskan seperti tenaga kesehatan, TNI-Polri yang bertugas. Jadi, kalau tidak ada halangan, kalau usulan saya disetujui maka bulan depan itu vaksin pertama yang dibeli dari luar negeri akan datang ke Depok,” papar RK.

Ketika disinggung berapa jumlah vaksin yang akan diterima Kota Depok, RK mengaku kalau hal tersebut masih dalam pembahasan dalam rapat dengan pihak terkait.

Alasan Kota Depok menjadi prioritas sebagai kota pertama yang akan di vaksin di wilayah Jawa Barat disebabkan di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek), kota ini dalam penyumbang kasus positif harian terbanyak.

“Jadi nanti (pemberian vaksin) akam dimulai dari Depok dulu, baru setelahnya akan menyusul Bogor, dan Bekasi,” jelas Emil.

Dengan berkantor di Depok, Emil mengklaim perkembangan kasus Covid-19 mengalami penurunan, salah satunya dengan keluarnya Depok dari zona merah Covid-19 menjadi ke zona oranye.

“Saya sudah tiga minggu di sini. Alhamdulilah kasus-kasusnya sudah turun. Ya kita doakan lah ya agar nanti saya juga bisa bergeser ke daerah-daerah zona merah lainnya,” imbuh RK. (Indra)

232