Home Dibaleka Diskominfo Depok Dukung UKW XVIII PWI Jabar
Diskominfo Depok Dukung UKW XVIII PWI Jabar

Diskominfo Depok Dukung UKW XVIII PWI Jabar

23
0

Metro Depok – Rencana terselenggaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XVIII yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok mendapatkan dukungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menuturkan pada prinsipnya baik Diskominfo maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendukung terselenggaranya UKW. Hal ini karena UKW adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pemberitaan jurnalis yang ada di Kota Depok.

“Artinya dengan peningkatan kualitas ini maka secara otomatis pemberitaan semakin membaik dan lebih diterima lagi oleh masyarakat,” tuturnya usai menemui panitia pelaksana UKW, Senin (19/03).

Ia mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana berjalannya UKW apalagi program tersebut berasal dari Dewan Pers. Karena itu pihaknya tidak akan ikut campur terkait masalah penilaian atau hasil dari uji kompetensi tersebut. “UKW juga merupakan standarisasi wartawan melakukan profesinya, jadi sangat baik diikuti,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana UKW Angkatan XVIII, Firtra Ratory menjelaskan, pelaksanaan UKW sendiri sudah sejak lama dinantikan di Depok. Pasalnya, cukup banyak wartawan baik media cetak harian, mingguan dan bulanan maupun media online, televisi, dan radio yang bertugas di Kota Depok.

“Alhamdulillah, kami berencana mengadakan UKW ini pada tanggal 11 sampai 12 April 2018. Karenanya kami berharap partisipasinya dari seluruh wartawan khususnya yang bertugas di Kota Depok untuk mengikuti uji kompetensi ini,” tuturnya kepada Metro Depok.

Dia juga menjelaskan, UKW ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme dan etika wartawan. Selama ini, wartawan selalu dipertanyakan kompetensinya, dengan begitu UKW juga ditujukan sebagai otokritik bagi wartawan dalam membuktikan dirinya wartawan profesional.

“Tujuan utama dari penyelenggaraan UKW ini adalah wartawan mampu menunjukkan kompetensi serta membuktikan dirinya sebagai wartawan yang profesional. Serta senantiasa menjungjung tinggi etika jurnalistik,” katanya.

Dia menambahkan, UKW Angkatan XVIII ini dibuka secara umum. Bagi yang ingin mengikutinya bisa segera mengambil formulir pendaftaran di Kantor PWI Kota Depok yang berada di Jalan Melati Raya, No. 3, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 2 April 2018.

“Kami berharap banyak yang mengikuti UKW ini. Sebab, ini kali pertama Depok menyelenggarakan UKW serta hanya sekali ini diselenggarakannya. Kalaupun nanti diselenggarakan kembali pastinya ada jeda waktu yang cukup lama,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

23

Ad Banner 728 x 90