Home Dibaleka Disnaker Depok Buka Bursa Kerja Mini
Disnaker Depok Buka Bursa Kerja Mini
0

Disnaker Depok Buka Bursa Kerja Mini

3
0

Metro Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terus berupaya untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Depok. Beragam cara dilakukan, salah satunya dengan mengadakan Bursa Kerja Mini di beberapa sekolah yang ada di Kota Depok.

 

Kepala Disnaker Kota Depok Diah Sadiah menuturkan, Melalui Bursa Kerja Mini ini diharapkan dapat menyerap dan menekan angka pengangguran di Kota Depok. Bursa Kerja Mini ini merupakan jawaban dari permintaan masyarakat yang lokasinya jauh dari pusat kota.

 

“Disnaker menggelar Bursa Kerja Mini di beberapa tempat, yakni di Kecamatan Sawangan dan Cinere. Untuk bursa ini sendiri dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di dua kecamatan tersebut,” tuturnya kepada Metro Depok, kemarin.

 

Untuk melaksanakan kegiatan ini, Disnaker berkoordinasi dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dimiliki setiap SMK. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyerap banyak para pencari kerja (pencaker) yang ada di lokasi Bursa Kerja Mini tersebut.

 

Dalam bursa kerja tersebut, sambungnya, kurang lebih ada sepuluh perusahaan yang ikut serta dan berpartisipasi menyukseskan dengan menyediakan sekitar 600 formasi. Sebanyak 80 persen dari total formasi yang ada diperuntukkan bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

 

Diah menyampaikan, selain informasi kerja dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelayanan AK1 atau biasa disebut dengan Kartu Kuning, serta pemberian motivasi kerja untuk para pelajar kelas tiga yang akan lulus. Salah satu motivatornya adalah Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida.

 

“Tujuan bursa kerja ini tentu adalah mempertemukan langsung pencaker dengan pengguna kerja. Serta mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Menurut data yang dimiliki BPS ada penurunan jumlah pengangguran di Kota Depok dari tahun 2015 sampai tahun 2016. Dari 80.903 jiwa menjadi 72.521 jiwa,” paparnya.

 

Untuk tempat penyelenggaraan Bursa Kerja Mini sendiri, lanjut Diah, ada tiga sekolah yang menjadi tempat terselenggaranya acara tersebut. Yakni di tanggal 6 November 2017 di BKK SMK Negeri 2 Depok, tanggal 7 November di BKK SMK Yadika 12 dan terakhir tanggal 10 November 2017 di BKK Media Kreatif Cinere.

 

“Pelayanan penempatan kerja harus terus dilakukan guna penurunan serta menekan angka pengangguran di tiap tahunnya,” tandas Mantan Kabag Humas Setda Kota Depok.

 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMK Yadika 12, Natalina, mengapreasiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut di sekolahnya. Ia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pencaker menemukan pekerjaan sesuai dengan bidang dan lulusannya. Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun yang akan datang.

 

“Kami sangat bersyukur bisa menjadi tuan rumah atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan di tahun-tahun selanjutnya,” harapnya.(ws)

3

Ad Banner 728 x 90