Home Dibaleka Forum PAUD Kota Depok 2018-2021 Dilantik
Forum PAUD Kota Depok 2018-2021 Dilantik

Forum PAUD Kota Depok 2018-2021 Dilantik

61
0

Metro Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris secara resmi melantik pengurus Forum PAUD periode 2018-2021 dalam pelaksanaan Kongres Forum PAUD di Aula Teratai Lantai 1 Gedung Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Selasa (22/05).

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru dan diharapkan keberadaannya bisa memberikan manfaat lebih kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan PAUD.

Wali juga meminta keberadaan Forum PAUD tidak hanya stagnan saat pelantikan, tapi juga mampu meningkatkan peran secara fungsional dalam mencerdaskan anak didik, sesuai dengan prinsip pendidikan anak usia dini.

“Misalnya, pendidikan dijalankan sesuai dengan psikologis anak 3-6 tahun atau 0-6 tahun. Masa ini adalah periode sensitif atau peka. Dirangsang dengan baik agar mampu berkembang optimal untuk masa depan anak,” tuturnya.

Idris juga melihat mengenai dilematisnya penyelenggaraan PAUD. Secara aturan, PAUD tidak diperbolehkan mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) kepada siswa. Karena di masa ini adalah masa bermain anak.

Namun di lapangan, ada SD yang mensyaratkan siswa yang diterima adalah siswa yang sudah menguasai calistung. Jadi, sebelum masuk ke sekolah tersebut siswa dites dengan materi calistung.

“Inilah secara sistem sinkronisasi antara tingkat pendidikan TK, PAUD, dan SD tidak terjalin dengan baik. Sehingga banyak TK atau PAUD yang terpaksa mengajarkan calistung kepada anak agar nantinya siap masuk SD. Ini menjadi PR untuk menyelesaikannya,” katanya.

Ketua Forum PAUD Elly Farida dalam sambutannya usai dilantik mengutarakan harapannya agar Forum PAUD bisa ikut memberikan sumbangaih dalam peningkatan kualitas guru-guru PAUD, sehingga bisa menghadirkan anak-anak sesuai dengan dambaan.

“Sangat disadari banyak PR untuk membantu secara fungsi dan peran agar guru bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Melalui forum ini bersama organisasi mitra bisa menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD,” harapnya.

Setelah dilantik, lanjutnya, Forum PAUD memiliki tanggung jawab melahirkan kebijakan-kebijakan untuk kebaikan. Ada banyak hal yang menjadi cita-cita untuk membangun PAUD dan tentunya ke depan harus menjadi teladan.

Sementara, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan Kota Depok Tatik Wijayati mengutarakan pengembangan PAUN tidak hanya menyangkut masalah peningkatan mutu pendidikan, melainkan mencakup upaya mewujudkan tenaga kependidikan yang memiliki pemahaman menyeluruh terkait layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan perlindungan, hingga kesejahteraan.

“Dengan pendidikan terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak didik di masa mendatang. Selain itu, penguatan sinergitas dengan berbagai elemen yang terkait sangat penting,” katanya. (Her/MD/JPG)

61

Ad Banner 728 x 90