Home Parlemen Fraksi di DPRD Kota Depok Sampaikan Pandangan Umum
Fraksi di DPRD Kota Depok Sampaikan Pandangan Umum

Fraksi di DPRD Kota Depok Sampaikan Pandangan Umum

10
0

METRO DEPOK – Seluruh fraksi di DPRD Kota Depok menyampaikan pandangan umum terhadap usulan pembahasan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Depok dalam sidang paripurna, Rabu (25/10).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kota Depok, Wiwin Veronica dalam kesempatan tersebut menuturkan, ada enam Raperda yang dibahas. Enam raperda tersebut, lima diantaranya adalah usulan dari eksekutif dan satu raperda adalah usulan dari legislatif.

Lima raperda tersebut adalah Raperda Pembudayaan Gemar Membaca, Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pilkada Kota Depok tahun 2020, Raperda Penambahan Penyertaan Modal Pemkot Depok terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta, Raperda Perubahan Perda 4 2016 Tentang Penyertaan Modal Saham Pemerintah Kota Depok pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, serta Raperda Perubahan Perda 3 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Perizinan dan Pendaftaran Usaha Bidang Perindustrian dan Perdagangan. Satu Raperda yang merupakan usulan dari legislatif adalah Raperda Pengelolaan Kawasan Kota Hijau.

“Secara garis besarnya, kami sangat mendukung dan menyetujui setiap rancangan, baik secara akademik maupun non akademik rancangan raperda. Namun, kami ingin kepada semua pihak untuk memaksimalkan peran dari setiap raperda agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku,” tuturnya.

Masih dari Rapat Parpurna DPRD Kota Depok, anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi Gerindra Hamzah menuturkan, bahwa ketika nantinya raperda tersebut disahkan menjadi perda, maka kedepannya dari sisi penerapan harus diterapkan.

“Jangan sampai nantinya perda tersebut hanya disahkan, tapi dalam penerapan masih sama seperti sebelum adanya perda,” tegasnya.

Salah satu raperda yang disoroti adalah Raperda Pembudayaan Membaca, yang diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan semangat gemar membaca warga Depok, melainkan juga bisa mendorong semangat literasi untuk kemajuan masyarakat, khususnya di Kota Depok.

“Semangat literasi dapat dibangun melalui program membaca yang berkelanjutan dan berjenjang, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga jenjang perguruan tinggi,” ujar Hamzah.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyambut baik atas pandangan umum seluruh fraksi di DPRD Kota Depok terkait pembahasan enam Raperda tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih untuk saran yang disampaikan demi kemajuan Depok lebih baik.

“Terima kasih untuk saran dan masukan yang disampaikan dalam paripurna kali ini. Nantinya masukan ini kami akan bawa ke perangkat daerah. Masukan ini akan kita pelajari lebih lanjut,” tuturnya usai Rapat Paripurna DPRD Kota Depok tersebut.

Dirinya menambahkan, pembahasan keenam Raperda melalui perangkat daerah beserta tiga Panitia Khusus (Pansus) DPRD dapat berjalan dengan baik. Sehingga, dapat segera direalisasikan oleh Perangkat Daerah terkait, dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Bila keenam raperda tersebut telah disahkan menjadi Peraturan Daerah, maka setiap instansi memiliki payung hukum yang jelas untuk melakukan sejumlah program yang berkaitan dengan poin-poin pada raperda tersebut,” tandasnya.(ws)

10

Ad Banner 728 x 90