Home Hot News Ganjil Genap Tol Jagorawi Dikaji
Ganjil Genap Tol Jagorawi Dikaji

Ganjil Genap Tol Jagorawi Dikaji

115
0

Metro Depok – Masyarakat Kota Depok, khususnya pengguna kendaraan roda empat yang setiap hari melewati Jalan Tol Jagorawi, harus bersiap diri untuk mengikuti aturan ganjil genap yang akan dilakukan pemerintah pusat lewat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono menuturkan, aturan ganjil genap tersebut saat ini tengah dikaji dan rencananya akan dilakukan uji coba pada pertengahan April 2018.

“Masyarakat Depok harus bersiap. Pasalnya, aturan plat nomor ganjil genap untuk kendaraan roda empat (mobil-red) yang melalui ruas Tol Jagorawi dari arah Depok khususnya melalui Gerbang Pintu Tol Cibubur 2. Tentunya warga Depok harus bersiap karena saat ini masih dalam tahap sosialisasi dan pengkajian,” tuturnya.

Ia mengatakan, rencana tersebut setelah melihat hasil yang dicapai dengan sistem ganjil genap di ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek khususnya kawasan Bekasi. Kalau tidak ada rintangan, sambungnya, kemungkinan besar kegiatan sosialisasi dan uji coba akan dilakukan sekitar 16 April 2018.

“Setelah satu bulan uji coba kemungkinan pertengahan Mei 2018 mendatang akan diimplementasikan atau dilaksanakan,” katanya.

Menurutnya, untuk sekarang ini yang akan diberlakukan di pintu gerbang Tol Cibubur 2 dua arah Jakarta. Alasan dipilihnya Gerbang Pintu Tol Cibubur 2 lantaran jumlah kendaraan cukup padat baik yang keluar maupun yang masuk dari pintu gerbang tersebut. “Kurang lebih sekitar 34.278 unit kendaraan setiap harinya,” paparnya.

Bukan itu saja, hasil pengkajian jauh sebelumnya jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Jakarta–Tangerang sudah di atas rata-rata yakni 0,8 persen. Sehingga cukup padat lalu lintas setiap harinya.

Dia juga menambahkan, selain memberlakukan aturan ganjil genap pihaknya pun akan menerapkan dua aturan di ruas Jalan Tol Jagorawi. Yakni menerapkan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo. “Kami pun akan melakukan pengembangan rute bus premium atau JR Connection di beberapa lokasi perumahan,” katanya.

Pihaknya pun dalam waktu dekan akan melakukan koordinasi kepada stakeholder termasuk ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terlebih jarak antara Pintu Tol Cibubur 2 dengan Kota Depok sangat dekat. Bahkan sebagian besar warga Depok mengambil jalur atau rute tersebut.

Untuk jam atau waktu berlakunya ganjil genap tetap sama yaitu dari pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB dan lokasi permukiman yang bakal menjadi sasaran pengembangan JR Connetion antara lain kawasan Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi dan Cibubur Residence.

”Ganjil genap itu hanya berlaku untuk kendaraan penumpang pribadi dan tidak untuk arus lalu lintas truk barang dan lainnya karena arus lalu lintasnya tidak sepadat Jalan Tol Jakarta – Cikampek,” tandasnya. (WS/MD/JPG)

115

Ad Banner 728 x 90