Home Serba-serbi Generasi Muda Diharapkan Terjun ke Dunia Pertanian
Generasi Muda Diharapkan Terjun ke Dunia Pertanian

Generasi Muda Diharapkan Terjun ke Dunia Pertanian

2
0

Metro Depok – Untuk membawa angin segar di dunia pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menghimbau kepada para generasi muda untuk terjun menekuni dunia pertanian. Hal tersebut diungkapkan Kepala DKPPP Kota Depok, Farah Mulyati di Balai Kota Depok, baru-baru ini.

Ia mengatakan, saat ini lahan di Depok untuk pertanian memang semakin terbatas. Meskipun begitu, hal tersebut bisa diantisipasi dengan teknologi pertanian perkotaan yang sedang berkembang. Tujuannya adalah agar mempertahankan keberlangsungan pertanian di Kota Depok. Lewat generasi muda pihaknya optimis hal tersebut bisa terwujud.

“Selama ini pertanian masih mengandalkan cara-cara manual. Karenanya dengan mengajak generasi muda untuk terjun nantinya bisa membantu menggairahkan pertanian di Kota Depok,” tuturnya.

Farah mengatakan, pekerjaan sebagai petani tidak melulu harus terjun untuk membajak sawah atau pun berkotor-kotoran seperti dahulu. Melalui teknologi yang semakin canggih, masyarakat bisa menjadikan sektor pertanian sebagai harapan masa depan.

“Kami harapkan pemuda ke depan bisa menjadi petani perkotaan atau urban farming. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti menerapkan tanaman vertikultur, hidroponik, vertikal garden, tanaman buah dalam pot, maupun kebun atap rumah. Jika bidang ini ditekuni, bisa sangat menjanjikan ke depannya. Pemuda harus bisa melihat peluang tersebut,” kata Farah menjelaskan.

Farah mengimbau kepada kelompok tani yang tersisa untuk mengajak masyarakat menggeluti usaha pertanian. Diharapkan melalui ajakan tersebut, dapat melahiran petani-petani muda yang berbakat dan memiliki segudang inovasi.

Saat ini terdapat sebanyak 136 kelompok tani di Depok dengan anggota mencapai 1.120 orang. “Diharapkan petani tersebut mampu bertahan dan menularkan ilmu pertanian, serta mengajak generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian agar regenerasinya terus ada,” kata dia berharap. (WS/MD/JPG)

2