Home Serba-serbi GMKI Depok Gelar Konferensi Studi Lokal
GMKI Depok Gelar Konferensi Studi Lokal
0

GMKI Depok Gelar Konferensi Studi Lokal

0
0

METRO DEPOK – Bertemakan Peran Pemuda Dalam Menjawab Tantangan Zaman Intoleransi, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Depok menggelar Konferensi Studi Lokal., kemarin.

Tujuannya adalah agar dapat menunjukkan sikap toleransi di Kota Depok, sehingga dapat meminimalisasi nilai intoleransi yang ada. Sebab, menurut data Setara Institute, Depok termasuk dalam 10 kota yang memiliki nilai toleransi rendah.

Ketua Cabang GMKI Kota Depok, Andry J. Memed menuturkan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan sosial dan budayanya serta beraneka ragam bahasa, suku, dan ras. Tidak heran bila bangsa Indonesia acap kali sering dilanda konflik-konflik internal sebagai contoh konflik antara suku Madura dan Dayak yang dikenal umumnya sebagai “perang sampit”. Bukan hanya itu, terdapat juga konflik antara agama yang terjadi di Pulau Maluku.

“Apalagi saat ini para pemuda sudah memasuki zaman globalisasi dimana arus informasi dapat mudah sekali di dapat melalui internet dan televisi. Kondisi ini menunjukan bahwa tantangan baru bagi pemuda dan pemudi sudah di depan mata,” tuturnya usai Konferensi Studi Lokal di Gedung Pemuda, Sukmajaya.

Atas dasar tersebut, lanjut Andry, GMKI Depok menyelenggarakan program Konferensi Studi lokal dalam konteks permasalahan sosial terkini yang terjadi di Kota Depok. Dengan program Konferensi Studi lokal ini kader GMKI diharapkan dapat lebih sadar akan sikap-sikap intoleransi yang ada dan harapannya adalah kader GMKI dapat membawa nilai-nilai toleransi di Depok sehingga nilai intoleransi itu dapat diminimalisasi.

“Dalam acara ini diisi oleh pembicara yang handal dan berkualitas. Masing-masing dari pembicara menyampaikan pandangan terhadap materi yang akan mereka bawakan sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka,” paparnya.

Andry juga menegaskan, selepas mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta dapat berkomunikasi dengan baik dengan mereka yang berbeda latar belakangnya baik suku, ras, dan agama.

“Kami juga berharap Pemerintah Kota Depok bisa memfasilitasi hal ini agar Depok dapat terus nyaman, aman, dan tentram untuk semua kalangan,” tutupnya. (ws)

0

Ad Banner 728 x 90