Home Lintas Hari Bumi, SDA Kampung Sawah Bersihkan Ciliwung
Hari Bumi, SDA Kampung Sawah Bersihkan Ciliwung

Hari Bumi, SDA Kampung Sawah Bersihkan Ciliwung

38
0

Metro Depok – Sekolah Dasar Alam (SDA) Kampung Sawah, yang beralamat di Jalan Pertanian Kav.10 Perumahan Bukit Pertanian, Grand Depok City, Tirtajaya, Sukmajaya, punya cara unik untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Pinggir Kali Ciliwung, tepatnya di bawah jembatan Grand Depok City menjadi sasaran operasi semut, Minggu (22/04). Dalam kesempatan itu dilaksanakan juga bakti sosial dengan cara mendonasikan buku bacaan untuk rumah baca yang dikelola oleh Komunitas Ciliwung Depok.

Founder dan Kepala SDA Kampung Sawah Yuli Pinasti mengatakan kegiatan Hari Bumi ini masuk dalam kegiatan pembelajaran jelajah Kota Depok dengan menginventarisasi kekayaan hayati Kota Belimbing ini.

“Bertepatan dengan Hari bumi kali ini, Sekolah Alam Kampung Sawah bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung Depok mengadakan kegiatan operasi semut di pinggiran Sungai Ciliwung juga donasi buku untuk rumah baca Ciliwung,” ujarnya.

Alam dan kecintaan terhadap lingkungan, dipastikan Yuli tidak akan bisa terpisahkan dari sekolah Alam Kampung Sawah. “Operasi semut ini bertujuan untuk mengasah empati siswa berkenaan dengan kondisi lingkungan saat ini, ini yang menjadi dasar pembelajaran sekolah kami,” jelasnya.

Yuli menuturkan dalam peringatan Hari Bumi ini siswa melakukan aksi nyata dengan hal yang sederhana, yaitu dengan memungut sampah yang ada di pinggiran Sungai Ciliwung.

“Kami berharap kelak ketika mereka dewasa mereka akan menjadi problem solver handal setidaknya untuk kota mereka sendiri, ” sambung dia.

Bukan hanya itu, lanjutnya, sekolah alam adalah pendidikan yang sangat dibutuhkan anak-anak saat ini, sebagai bentuk mempersiapkan mental generasi penerus bangsa yang cinta lingkungan.

“Kita tidak sedang membangun sekolah, tapi kita sedang membangun peradaban,” tutupnya. (Her/MD/JPG)

38