Home Dibaleka Harkonas 2019, Menuju Konsumen Berdaya Mendorong Ekonomi Berjaya
Harkonas 2019, Menuju Konsumen Berdaya Mendorong Ekonomi Berjaya

Harkonas 2019, Menuju Konsumen Berdaya Mendorong Ekonomi Berjaya

469
0

Metro Depok – “Konsumen Berdaya Mendorong Ekonomi Berjaya” menjadi target digelarnya Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-7 pada 20 Maret 2019 di Halaman Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat.

Bagi pemerintah, peringatan Harkonas merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi konsumen sekaligus momentum yang tepat sebagai pengingat untuk peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia.

“Konsumen tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, namun bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampaikan pendapat,” ujar Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukito kepada wartawan, baru-baru ini.

Rasa percaya diri masyarakat dalam bertransaksi, katanya, bersifat fundamental bagi kesehatan ekonomi suatu bangsa. Alasannya, kondisi bertransaksi dengan percaya diri ini mampu membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional secara berkualitas.

Untuk itulah, Mendag Enggartiasto mengungkapkan bahwa saat ini negara masih terus berupaya sepenuhnya hadir melindungi kepentingan konsumen yang merupakan amanat konstitusi.

Kementerian Perdagangan telah menerima mandat pemberdayaan konsumen sesuai Keputusan Presiden nomor 13 tahun 2012 sebagai turunan Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Misi awal dilaksanakan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) yang kini diketuai Andriansyah Parman, juga menjadi mitra kerja Kemendag tepatnya Ditjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga (PKTN) pimpinan Veri Anggrijono.

“Pemerintah terus mendorong pemberdayaan konsumen secara cerdas, yang berimplikasi pelaku usaha berperilaku jujur yang pada gilirannya menunjang pemberdayaan perekonomian nasional,” ujar Dirjen Veri Anggrijono didampingi Sesditjen PKTN, Chandrini Mestika Dewi disela-sela persiapan Harkonas ke-7 tahun 2019 di Bandung.

Terpisah, Direktur Pemberdayaan Konsumen Ditjen PKTN, Nina Mora mengungkapkan Harkonas 2019 menetapkan Maskot Lumba-Lumba si-Enda, yang berikat kepala motif batik khas Megamendung di Jawa Barat.

“Lumba-lumba itu hewan air menyusui sebagai binatang sosial yang cerdas dan berkemampuan, bertenaga, mempunyai (berdaya) akal untuk melindungi diri dari ancaman. Kami menamainya si…Enda sebagai kutipan dari kata konsumEN berDAya,” ujar Direktur PK, Nina Mora, di kantornya, Jakarta.

Sedangkan Logo Harkonas, katanya, dibuat dengan menggabungkan perisai dan manusia yang mengangkat kedua tangan mengepal dengan makna bahwa konsumen sudah saatnya berdaya, berkemampuan melakukan sesuatu atau berkemampuan bertindak untuk mengatasi masalah. Sedangkan perisain menyerupai otak manusia melambangkan bahwa konsumen harus cerdas dan bijak dalam melindungi diri.

Dibagian lain, Direktur Pengawasan Barang Beredar Dan Jasa Ditjen PKTN, Ojak Simon Manurung, mengungkapkan serangkaian kegiatan Harkonas. Yaitu pameran bertema Edukasi Konsumen diikuti Instansi Pemerintah, BUMN/BUMD, Lembaga Perlindungan Konsumen, Perusahaan Telekomunikasi, Pelaku Usaha Perbankan, Perusahaan Transportasi, Pelaku Usaha Ritel, E-Commerce, Perusahaan Jasa Periklanan dan lain sebagainya.

“Pameran itu dilaksanakan 19 sampai 20 Maret di Jalan Diponegoro tepatnya di depan Gedung Sate, Kota Bandung,” tuturnya seraya menyebut diselenggarakan juga pemberian penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, peresmian 250 Kantor Unit Metrologi Legal (UML), dan peluncuran program Kang Ujang alias Tukang Juru Timbang.

Juga, donor darah di tujuh tempat serentak pada Kamis (21/2) Kemendag Pusat, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Jakarta, Direktorat Metrologi Bandung, Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional (BSML) I Medan, BSML Regional II Yogyakarta, BSML Regional III Banjarmasin, serta BSML Regional IV Makasar.

Gebyar Harkonas juga menggelar Klinik Konsultasi dan Pengaduan Konsumen bertujuan memudahkan akses masyarakat berkonsultasi dengan lembaga dan instansi yang terkait perlindungan konsumen.

Yaitu 23-24 Februari, 2-3 Maret, 9-10 Maret, dan 16-19 Maret 2019 dengan jam operasional pukul 12.00-17.00 WIB itu dilaksanakan di delapan mal di Kota/Kabupaten Bandung seperti Transmart Buah Batu, Carrefour Kiara Condong, Transmart Cimahi,Transmart Cipadung, Carrefour Paris Van Java, Transmart Trans Studio Mall, Giant Jalan Suci, dan Yogya Department Store Kepatihan. (Advertorial)

469