Home Dibaleka Idris : ASN Sehat, Tingkatkan Pelayanan
Idris : ASN Sehat, Tingkatkan Pelayanan

Idris : ASN Sehat, Tingkatkan Pelayanan

31
0

Metro Depok – Jumat (8/3) pagi, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok berkumpul di lapangan Balaikota Depok. Mereka mengenakan training dan pakaian olahraga. Para ASN ini tengah mengikuti kegiatan senam bersama Walikota Depok, Mohammad Idris.

Seluruh ASN di jajaran Balaikota Kota Depok ini tampak kompak dan antusias mengikuti gerakan senam yang diperagakan oleh instruktur. Tampak hadir pula di lapangan Sekda Kota Depok Hardiono, para asisten, hingga kepala dinas.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengutarakan bahwa paradigma kesehatan pada ASN sebagai sumber daya manusia (SDM) yang melayani dengan realitas ASN secara umum, masih didapati tidak selaras. Dirinya mendapatkan laporan adanya ASN yang di usia relatif masih muda, sekitar 42 tahun, tapi sudah terkena penyakit yang cukup berbahaya, seperti kolesterol tinggi bahkan jantung.

Guna mendisiplinkan para ASN agar bisa mengikuti kegiatan senam, Walikota Depok pun mengeluarkan instruksi. Dengan instruksi tersebut, para ASN diharapkan rutin mengikuti kegiatan senam setiap Jumat, kecuali bari para ASN yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat secara langsung.

“Perlu sedikit dipaksa memang, sehingga nantinya paksaan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Sebelumnya kan diimbau tapi nggak jalan dan hasilnya kurang maksimal. Ini memang tidak ada sanksi, namun akan menjadi perhatian dan catatan bagi saya,” tuturnya.

Diutarakannya, pelaksanaan senam ini secara serentak di seluruh intansi pemerintahan Kota Depok, mulai dari yang ada di lingkungan balaikota, perangkat daerah yang ada di luar area balaikota seperti Dinas PUPR, DLHK, Dishub, hingga Damkar dan Penyelamatan, kecamatan, serta kelurahan.

“Ada yang sambil jogging, jadi bisa melihat sampah, di LIA yang muda-muda dengan futsal. Semua serentak. Tapi maksimal jam 10.00 sudah kembali dengan berpakaian pegawai untuk melaksanakan tugasnya,” katanya.

Ditanyai perihal bagaimana memantau kegiatan di luar balaikota, Walikota mengungkapkan hal itu akan dicek berdasarkan laporan instansi yang ada. Dirinya juga sesekali waktu akan mengikuti senam di luar balaikota.

“Saya sesekali akan keliling di lokasi lain, melihat bagaimana pelaksanaan ini berjalan. Jadi, tidak hanya di Baliakota. Harapannya seluruh ASN sehat lahir batin, sehingga mampu memaksimalkan kinerjanya dalam melayani masyarakat,” harapnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Supian Suri menambahkan bahwa untuk pengawasan pelaksanaan senam di luar lingkungan balaikota, pihaknya juga menerjunkan staf dari BKPSDM.

“Ini bagian dari instruksi Walikota untuk ASN Kota Depok. Untuk bisa mewujudkan ASN yang sehat, memang perlu sedikit dipaksa. Sebelumnya dibebaskan, tapi tidak semua bisa memanfaatkan kesempatan mengikuti senam,” ujarnya.

Supian menjelaskan, pelaksanaan senam dimulai sejak apel pagi hingga pukul 09.00. Setelah itu, setiap ASN kembali ke tugasnya melayani masyarakat.

“Mudah-mudahan ini merupakan upaya Pemkot Depok untuk mewujudkan ASN yang sehat dan peningkatan pelayanan,. Dan dalam perjalanannya, kami akan melakukan evaluasi,” katanya. (Her/MD/JPG)

31

Ad Banner 728 x 90