Home Terkini Idris Imam Siap Tunaikan Janji
Idris Imam Siap Tunaikan Janji

Idris Imam Siap Tunaikan Janji

2.99K
0

Metro Depok – Pasca pelantikan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Mohammad Idris-Imam Budi Hartono menggulirkan program cepat berupa pembuatan 100.000 lubang biopori di Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan program ini digulirkan berdasarkan evaluasi permasalahan lingkungan munculnya genangan air saat hujan deras.

“Program ini dilaksanakan melihat kondisi saat terjadi hujan deras beberapa waktu lalu, terdapat adanya titik genangan yang tidak diinginkan,” tutur Idris usai pelantikan di Bandung, Jumat (26/02).

Mengenai teknisnya, katanya lagi, bisa saja program ini direalisasikan melalui lomba. Hal ini untuk memotivasi seluruh perangkat pemerintahan, stakeholder, dan masyarakat mewujudkan 100.000 biopori.

“Perihal perangkat pembuatan biopori, bisa memanfaatkan peralatan yang sudah ada sebelumnya. Sebelumnya kan sudah digulirkan 1.000 biopori di tiap kelurahan. Bisa juga dilakukan secara swadaya, bergptong-royong. Ini memang harus berkelanjutan,” katanya.

Pihaknya juga mendorong pembuatan tanaman-tanaman rumah, terutama tanaman obat keluarga (toga). Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat apalagi di tengah pandemi sepert ini.

Lebih lanjut diutarakannya, pihaknya juga akan mempercepat realisasi janji kampanye yang berkaitan dengan lingkungan, yaitu pembangunan taman hutan kota, yang akan berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan provinsi.

“Lahan sudah ada, tinggal dikaji saja. Kajiannya akan kami anggarkan di ABT tahun ini. Desainnya akan dibuat di 2022 dan target di 2023 sudah dibangun,” jelasnya.

Selain program tersebut, Idris juga menegaskan akan berupaya segera merealisasikan 10 janji kampanye selama periode kepemimpinannya. Salah satunya adalah keberadaan sport center, dipadukan dengan UMKM center di setiap kecamatan.

“Kita ingin masyarakat di setiap punya tempat kegiatan olahraga, sekaligus pemberdayaan ekonominya. Memang tidak muda karena berkaitan dengan penyediaab lahannya, namun tetap akan kita upayakan,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengaku agak asing saat menjalani pelantikan secara virtual dari Rumah Sakit Mitra Keluarga pada Jumat, 26 Februari 2021.

Imam tidak hadir di Bandung lantaran masih menjalani perawatan bersama istrinya akibat Covid-19. Ia dilantik tanpa ada protokoler seperti Mohammad Idris yang dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Merdeka Bandung.

“Terasa asing aja sendiri ya tanpa ada protokoler yang harusnya dilakukan di Gedung Merdeka. Tidak ketemu Gubernur (Ridwan Kamil), kepala daerah yang lain, tandatangan langsung, penyematan tanda kehormatan kepada saya, itu aja yang terasa si,” katanya.

Kendati demikian Imam merasa tidak ada masalah. Karena secara prinsip pelantikan tersebut tetap sah.

“Tapi nggak ada masalah karena prinsip pelantikannya sah,” ucapnya.

Imam dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok sejak dua pekan lalu. Dia dirawat bersama istrinya yang juga terpapar. Imam sudah tiga kali menjalani swab yang terakhir pada Senin (22/2). Namun karena hasilnya belum baik maka dia belum diperbolehkan pulang waktu itu.

“Swab sudah 3 kali, tapi yang terakhir Senin kemarin, itu sudah 33 harusnya 35, jadi belum boleh keluar. Karena swab berikutnya harusnya setelah ada suntikannya pada hari ini, jadi baru besok swab terakhirnya,” ungkapnya.

Setelah sehat dan bisa beraktivitas kembali, Imam pun akan silaturahmi dengan mengunjungi Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk meminta petunjuk kerja ke depan. Kedua, dia akan fokus pada penyelesaian RPJMD. Kemudian, dia akan mengevaluasi Musrenbang dan kegiatan yang bisa dilakukan di 2022.

“Karena Musrenbang tahun ini merupakan kegiatan tahun 2022 dimana saya dan pak kyai sudah menjabat, yang harus bisa menunaikan 10 program janji kampanye, karena secara bertahap,” pungkasnya. (Indra)

2991