Home Dibaleka Idris Tinjau Lokasi Banjir di Cilodong
Idris Tinjau Lokasi Banjir di Cilodong

Idris Tinjau Lokasi Banjir di Cilodong

8
0

Metro Depok, Cilodong – Intensitas curah hujan tinggi pada Sabtu (15/2) menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Depok mengalami banjir. Salah satu penyebabnya adalah turap jebol, seperti yang terjadi di Perumahan Pondok Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Kawasan Pondok Tirta Mandala diterjang banjir lantaran jebolnya turap penahan air yang ada di wilayah sekitar perumahan tersebut.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris tampak meninjau lokasi banjir pada Sabtu sore. Dia berjalan kaki melewati genangan air yang sudsh setinggi pinggang orang dewasa didampingi protokoler dan sejumlah satuan tugas penanganan bencana.

“Saya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengucapkan terima kasih untuk langkah cepat tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), kepolisian, dan TNI yang membantu penanganan musibah turap jebol di Perumahan Pondok Tirta Mandala,” kata Mohammad Idris usai meninjau lokasi banjir.

Meski menyebabkan banjir, Idris tegaskan hujan merupakan anugrah, sebab banyak memberikan manfaat. Dia meminta semua pihak agar menjadikan banjir sebagai pelajaran untuk lebih memperhatikan pembangunan, terutama mengahdapi musim penghujan.

“Hikmanya kepada kita untuk lebih perhatian terhadap pembangunan turap tebing dan turap sungai. Tentu sesuai dengan ketentuan dan proses izin dari pemerintah,” tuturnya.

Idris juga mengatakan penyelesaian musibah harus secara kolaboratif dan komprehensif, tidak parsial.

“Situ Bahar (batas Depok-Cibinong Bogor) sebagai muara hulu dari Kali Jantung dan juga Situ Pengarengan Depok sebagai muara hilir dari Kali Jantung yang melintasi Perumahan Tirta Mandala Sukamaju ini. Maka sudah seharusnya bisa terselesaikan secara tuntas,” tandasnya. (WS)

8