Home Terkini Imam: Minyak Jelantah Jadi Barang Manfaat
Imam: Minyak Jelantah Jadi Barang Manfaat

Imam: Minyak Jelantah Jadi Barang Manfaat

59
0

Metro Depok – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengajak masyarakat untuk mengumpulkan minyak jelantah (minyak goreng sisa) menjadi barang manfaat, karena jika dibuang mencemari lingkungan.

Hal itu dikatakannya, terkait pengumpulan minyak jelantah yang dilaunching di halaman Masjid Jami Nurul Yaqin, RT 01/RW 02 Kelurahan Pondok Petir pada Sabtu (03/04/2021).

Pengumpulan minyak jelantah ini, lebih lanjut dikatakan, merupakan gerakan yang luar biasa bagus, kemudian juga ada koperasinya yang menampung.

“Gerakan ini harus massif se-Kota Depok di setiap kecamatan dan kelurahan. Mudah-mudahan ada penggeraknya,” ujarnya.

Imam juga bersyukur, bahwa kawan-kawan komunitas di Kelurahan Pondok Petir mau menampung minyak bekas ini dengan cara ditukar sembako. “Minyak jelantah jangan dipake terus menerus karena bisa menyebab penyakit kanker. Jangan juga dibuang ke got karena bisa terjadi pencemaran,” ulasnya.

Melalui komunitas pengumpul minyak jelantah dengan sembako, ditambahkannya, minyak sisa ini akan mendorong pertumbuhan perekonomian di masyarakat.

Lurah Pondok Petir, Rizal Farhan mengungkapkan, pengumpulan minyak jelantah sudah jalan tiga tahun di wilayah ini karena kondisi Covid-19 sehingga baru sekarang dilaunching di mana minyak tersebut bisa ditukar dengan sembako.

Dia berharap setiap RW di Pondok Petir bisa mengumpulkan sisa minyak, sehingga menjadi barang manfaat.

“Di Pondok Petir ada 19 RW jika minyak jelantah dikumpulkan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di saat pandemi Covid-19 , karena minyak tersebut menjadi barang yang manfaat,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Riski Kusuma Wardani selaku panitia penyelenggara mengatakan, minyak goreng sisa bisa ditukar dengan sembako hingga emas (logam mulia) melalui Komunitas Rumah Keluarga Indonesia (RKI) bekerjasama dengan Kelurahan Pondok Petir (Pontir).

“Jadi minyak jelantah di sini dapat ditukar dengan sembako, hingga logam mulia. Namun, jumlah liternya disesuikan,” terangnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, sekaligus launching minyak jelantah dengan target 500 liter. “Minyak jelantah ini nantinya dikumpulkan melalui Koperasi Si Jelita (Inspirasi Jelantah untuk Lingkungan Kita) yang diperuntukkan bahan bio disel. Selain itu, minyak jelantah juga bisa menjadi sabun,” ujarnya.

Acara launching minyak jelantah dihadiri para lurah di Kecamatan Bojongsari, DKM Masjid Jami Nurul Yaqin, Taroji, Ketua PKK Pondok Petir, Nopi Susanti dan elemen masyarakat lainnya. (Indra)

59