Home Terkini Ini Harapan Sekda Depok Atas Terbentuknya Sekolah Toleransi
Ini Harapan Sekda Depok Atas Terbentuknya Sekolah Toleransi

Ini Harapan Sekda Depok Atas Terbentuknya Sekolah Toleransi

134
0

METRODEPOK – Pangdam Jaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto meresmikan SMAN 1 Depok sebagai sekolah toleransi, Rabu (19/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Jaya didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi, Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri, Ketua DPRD Kota Depok TM Yusufsyah Putra, Kepala Kejari Depok Mia Banulita, Kabag Oprasional Polres Metro Depok AKBP Yulianus, unsur forkopimda, dan para kepala sekolah se-Depok.

“Seluruh kepala sekolah se-Depok dan pemangku kepentingan pendidikan menyelenggarakan peresmian sekolah toleransi. Ini untuk memupuk generasi muda kita agar memiliki sifat yang toleran, yakni menghargai sesama, mampu bekerjasama dan menciptakan kerukunan tanpa memandang suku, bangsa, agama, dan sebagainya,” ungkap Mayjen Untung.

Dari sekolah inilah, lanjutnya, kader toleransi akan muncul dan menjadi pionir di dalam masyarakat. Sekolah tolerasi akan ditularkan di sekolah lain karena toleransi merupakan kekuatan untuk menjaga persatuan.

“Sekolah toleransi dibentuk untuk mengaplikasikan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. Selain itu agar toleransi menjadi budaya di masyarakat, khususnya bagi generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan di masa mendatang,” jelasnya.

Diutarakannya, konflik berpotensi terjadi di mana pun berada, sehingga perlu diciptakan sistem, sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan mengedepankan toleransi.

“Alasan Depok dipilih karena salah satu wilayah aglomerasi dari Kodam Jaya. Hal ini pernah dilaksanakan juga dengan topik yang berbeda. Sebelumnya, di Bekasi dengan salam Pancasilanya. Itu jadi satu program rangkaian,” katanya.

Konsep dari sekolah toleransi adalah bagaimana penerapan Pancasila di sekolah, kerukunan antarsesama pelajar, antarsesaa dengan lingkungan, menghargai sesama meski terdapat perbedaaan.

“Semuanya diaplikasikan dalam kehidupan. Siswa tidak akan tawuran atau berbuat anarkis,” tuturnya.

Sementara, Sekda Kota Depok, Supian Suri mengatakan pemkot Depok mendukung sepenuhnya upaya menumbuhkan toleransi pada anak didik, baik di tingkat SMA maupun SMP.

“Ke depan, harapan-harapan terhadap kebersamaan, kerukunan bangsa, persatuan dan kesatuan sudah ditanamkan sejak dini ke anak-anak kita,” pungkasnya. (Indra)

134