Home Pendidikan Juri FLS2N Bantah Tidak Adil Dalam Beri Penilaian
Juri FLS2N Bantah Tidak Adil Dalam Beri Penilaian

Juri FLS2N Bantah Tidak Adil Dalam Beri Penilaian

178
0

Metro Depok – Terkait isu yang berhembus perihal ketidakadilan juri Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kecamatan Sawangan kini terjawab.

Hal ini lantaran salah satu juru Idawati mengatakan, juri lomba dalam FLS2N di antaranya dari perwakilan kepala sekolah, hingga orang berkompeten di bidang seni, termasuk seni tari tradisional.

“Memang ada kabar beredar bahwa SDN Kedaung berpenampilan baik bahkan juara pertama di festival Taman Mini Indonesia Indah, namun di FLS2N tak mendapat juara,” katanya, Kamis (14/3).

Persoalannya, lanjut dia, dalam FLS2N tari yang diperlihatkan siswa harus original, dan belum pernah ditampilkan di ajang lomba, kemudian taran yang dinilai karena tujuannya dari seni siswa itu mengangkat tarian tradisional akar budaya lokal, maka tarian diluar itu tidak akan mendapat nilai sempurna meskipun pembawaannya apik.

Terlebih lagi, sambung dia, dalam sebuah tarian itu, harus ada wirasa, wiraga, wirama yang menjadikan tarian tersebut menyatu dengan jiwa dan raga.

“Jujur saja, kalo boleh memilih penampilan SDN Kedaung itu sangat baik, namun pada waktu itu tarian yang ditampilkan campuran daerah, bukan membawa akar budaya lokal Jawa Barat sehingga belum mendapat juara,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa dalam penilaian FLS2N sudah ada ketentuan yang disepakti terkait penilain, selain memiliki kesatuan dalam wirasa, wiraga dan wirama, juga tariannya mengangkat akar budaya lokal daerah Jawa Barat.

Sedangkan peraih juara pertama di ajang FLS2N tingkat Kecamatan Sawangan adalah tarian daerah Jaipong. (Dibyo/WS/MD)

178

tags: