Home Terkini Keren, Pemkot Depok Kasih Stimulus Pembayaran PBB
Keren, Pemkot Depok Kasih Stimulus Pembayaran PBB

Keren, Pemkot Depok Kasih Stimulus Pembayaran PBB

29
0

METRO DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) memberikan stimulus terkait Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun ini berupa diskon sebesar 50 persen kepada wajib pajak.

Kepala BKD Kota Depok, Nina Suzana menyampaikan pemberian stimulus ini dikarena kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah memberikan imbas bagi sektor perekonomian masyarakat.

“Pemkot Depok sangat menyadari banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi. Karena itu, agar meringankan beban masyarakat, tagihan PBB tahun ini diberikan stimulus,” tutur Nina, Minggu (14/06).

Nina memaparkan pada tahun ini ada kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), mencapai 100%. Jadi, jika misalnya PBB tahun lalu bernilai Rp100.000, tahun ini meningkat dua kali lipat menjadi Rp 200 ribu.

“Namun karena diberikan stimulus, pembayaran tetap senilai tahun kemarin,” katanya.

Selain stimulus berupa diskon 50%, katanya lagi, Pemkot Depok juga membebaskan denda bagi para penunggak PBB.

“Jadi, bagi WP yang punya tunggakan PBB, bukan hanya yang 2019 tapi yang nunggak dari tahun berapa pun sampai tahun 2019, semuanya dibebaskan dendanya secara otomatis sampe akhir Juni ini. Tinggal membayar pokoknya saja,” jelasnya.

Melalui kebijakan ini, Pemkot Depok ingin meringankan beban masyatakat, sekaligus meningkatkan realisasi raihan PBB. Pasalnya, raihan PBB ini nantinya pemanfaatannya akan kembali dirasakan oleh masyarakat dalam bentuk berbagai pembangunan.

“Semoga masyarakat akan termotivasi untuk menunaikan kewajibannya membayar PBB dan pembangunan Kota Depok dapat terus ditingkatkan,” harapnya.

Tak hanya itu, Pemkot Depok juga memberikan pengurangan pembayaran tagihan/discount kepada para pensiunan TNI, Polri dan pensiunan pegawai BUMN. (Indra)

29

tags: