Home Hot News Komitmen RS di Depok Layani Pasien BPJS Kesehatan
Komitmen RS di Depok Layani Pasien BPJS Kesehatan

Komitmen RS di Depok Layani Pasien BPJS Kesehatan

16
0

Metro Depok – BPJS Kesehatan Cabang Depok menjalin kerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu rumah sakit di Kota Depok yang telah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Depok adalah RS Hermina Depok.

Kerjasama ini sudah terjalin sejak 2014. RS yang berlokasi di Jalan Raya Siliwangi ini berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada pasien, baik pasien JKN-KIS termasuk pasien  yang dikelola BPJS Kesehatan maupun non BPJS.

“Kami berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada pasien BPJS dan non BPJS, tanpa membedakan. Pemberian pelayanan kepada peserta JKN-KIS tentunya harus sesuai standar yang ditentukan.” ungkap Direktur Rumah Sakit Hermina Kota Depok Gloria Ilona, Kamis (2/8).

Gloria menuturkan bahwa Hermina bercita-cita agar bisa menjadi rumah sakit rujukan di Kota Depok. Dalam artian, masyarakat yang berdomisili di Depok yang ingin mendapatkan layanan kesehatan tidak perlu mencari rumah sakit di luar wilayah Depok.

“Kami memposisikan diri sebagai RS rujukan, baik jantung dan penyakit lainnya. Kami ingin seperti RSCM,” tuturnya.

Cita-cita itu, lanjutnya, salah satunya diwujudkan dengan berupaya meningkatkan akreditasi RS Hermina dari C menjadi B, merekrut semua dokter spesialis bedah, anak, hingga mata.

“Tim kita memoeljari regulasi dan kita merekrut dokter hingga IT yang handal. Tujuanmya kita ingin memberikan pelayan yang baik,” tandasnya.

Terkait kerjasama dengan BPJS Kesehatan, pihaknya berharap agar pembayaran klaim peserta bisa semakin diperbaiki, terutama terkait pembayaran klaim peserta yang sudah diajukan RS.

“Semoga ke depan bisa semakin lebih baik lagi,” harapnya.

RS lain yang juga sudah melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Depok adalah RS Permata Depok yang terletak di Jalan Raya Muchtar, Sawangan. Bahkan, dari 400 pasien yang datang setiap hari, hampir separuhnya merupakan peserta JKN-KIS.

“Jumlah pasien peserta JKN-KIS terus neningkat setiap tahun. Karena itu, Permata menambah ruang poli supaya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pasien termasuk pasien peserta JKN-KIS,” tutur Direktur RS Permata Depok Heldi Nazir.

Guna meminimalisasi antrean akibat padatnya kunjungan pasien, RS Permata menerapkan inovasi berupa layanan pendaftaran online dan melalui fasilitas WhatsApp.

“Program ini digulirkan karena padatnya pasien yang datang. Kalau tidak begitu, pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari selepas jam kantor, jumlah pasien akan padat sekali,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki shuttle car, yang bertugas untuk berkeliling ke permukiman penduduk guna menjemput pasien yang tidak memiliki kendaraan.

“Kesemuanya demi memberikan pelayanan maksimal kepada pasien, termasuk pasien BPJS,” tandasnya. (Her/MD/JPG)

16