Home Serba-serbi KOOD Komit Pelihara Sejarah dan Budaya Depok
KOOD Komit Pelihara Sejarah dan Budaya Depok

KOOD Komit Pelihara Sejarah dan Budaya Depok

93
0

Metro Depok – Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) berupaya untuk melestarikan kembali serta mengenalkan adat istiadat budaya asli Kota Depok. Hal ini merupakan salah satu pencapaian target dari organisasi tersebut.

Anggota KOOD Sukmajaya, Gian Tanjung menuturkan pelestarian budaya adalah pekerjaan bersama. Apalagi di era saat ini nilai-nilai budaya perlahan mulai luntur. Ditambah lagi dengan perkembangan media sosial yang semakin masif membuat budaya lokal perlahan terancam.

Pria yang akrab disapa GT ini menjelaskan, dirinya bergabung menjadi anggota sekaligus barisan pendekar Depok bernama Jawara KOOD itu, menginginkan budaya asli Depok dapat kembali dilestarikan maupun dikenalkan ke masyarakat.

“Saya ingin kembali mengenalkan budaya asli Depok. Misalnya ondel-ondel sebenarnya barongan asli Depok. Karena bentuknya sama hanya ada barongan taring seperti ogoh-ogoh. Kesenian asli Depok Gambang Kromong, Tari Topeng Cisalak, Tanjidor Cilodong, Wayang Betawi, semuanya itu asli Depok,” tutur GT.

Tak hanya itu, pria yang juga pelopor SSBR itu berharap melestarikan silat yang merupakan adat istiadat dan budaya asli Depok menjadi capaiannya. Karena
pengembangan prestasi silat diambil dari bakat orang Depok.

“Seperti Silat Sera, Gombel, Jalan Enam, Pengasinan, dan lainnya, itu yang harus dilestarikan kembali, dan masih banyak silat asli Depok. Termasuk bahasa Depok juga harus dikenalkan, karena bahasa Depok lebih kaya dan orang Depok menjadi muara budaya,” kata GT.

Untuk itu, lanjut GT, terlebih KOOD adalah sebuah organisasi yang sangat konsen memperjuangkan kearifan lokal, khususnya seni, budaya dan bahasa.

“Jadi, ayo bersama besarkan KOOD, dan bersumbangsihlah secara nyata untuk kemajuan Kota Depok,” ujar GT. (BB/WS)

93

tags: