Home Dibaleka Kota Depok Belum Perbolehkan Lomba 17-an
Kota Depok Belum Perbolehkan Lomba 17-an

Kota Depok Belum Perbolehkan Lomba 17-an

113
0

Metro Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengingatkan warganya untuk tidak menyelenggarakan perlombaan atau kegiatan Perayaan Puncak HUT Ke-75 RI yang mengumpulkan banyak orang secara tatap muka langsung.

Pelarangan tersebut dikarenakan masih adanya penambahan kasus terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Bahkan, Depok menjadi satu-satunya kabupaten atau kota di Jawa Barat yang masuk dalam kategori zona merah.

Imbauan Pemkot Depok tertuang dalam Surat Edaran Nomor : 003.1/377-Huk/Promentasi Tentang Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 Tingkat Kota Depok yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Depok.

“Surat edaran dikeluarkan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor: B 492/M.Sesneg/Set/TU.OO.04/07/2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 serta Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor: 003.3/119/Humaspro tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jawa Barat, terkait situasi pandemi Covid-19 saat ini,” papar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Senin (10/08).

Melalui surat edaran, Wali Kota meminta masyarakat dan seluruh unsur untuk melaksanakan sejumlah ketentuan yang sesuai dengan teknis peringatan HUT RI dan protokol kesehatan, dimulai dari penyelenggaraan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan berdasarkan pada tema, logo yang dapat diunduh di website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id).

Selanjutnya, memasang umbul-umbul, dekorasi dan menghias bangunan kantor/bangunan tempat usaha/bangunan tempat tinggal masing-masing untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kota Depok tahun 2020.

“Pengibaran bendera Merah Putih selama satu bulan mulai tanggal 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020. Untuk pemasangan umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya, mulai tanggal 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020 dengan desain sendiri dan menggunakan kalimat bangga produk Indonesia,” ujarnya.

Pada tanggal 14 Agustus 2020, katanya lagi, agar masyarakat mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media massa baik televisi, radio, dan media online.

“Pegawai Pemerintah Daerah Kota Depok dan Pegawai Instansi Vertikal/BUMN/BUMD/Swasta mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang ditayangkan oleh stasiun televisi dari tempat tinggal masing-masing,” ujarnya.

Pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB selama 3 menit wajib menghentikan aktivitasnya sejenak dengan berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah.

“Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan,” pungkasnya. (Indra)

113