Home Pendidikan Kreativitas SMK Tamil Gelorakan Semangat Wirausaha Lewat Tamil Wash
Kreativitas SMK Tamil Gelorakan Semangat Wirausaha Lewat Tamil Wash

Kreativitas SMK Tamil Gelorakan Semangat Wirausaha Lewat Tamil Wash

63
0

Metro Depok – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut kreativitas dan diharapkan para siswanya selepas lulus memiliki kemampuan serta dapat lanjut untuk bekerja atau membuka usaha.

Hal inilah yang membuat SMK Taman Ilmu (Tamil) berkreasi dengan membuat sebuah produk sabun mulai dari sabun pencuci tangan, pencuci piring dan beberapa produk lain yang berkaitan dengan sabun. Produk-produk tersebut pun diberi nama Tamil Wash.

Kepala SMK Tamil Abdurrahman menuturkan sekolah tersebut memiliki tiga jurusan yakni pemasaran, perkantoran, dan otomotif. Dia pun bercerita asal mula adanya produk ini karena ada jurusan pemasaran. Di jurusan ini, siswa dituntut untuk membuat sebuah produk untuk dipasarkan.

“Produk ini juga sebagai bahan untuk praktik para siswa dalam memasarkan produk. Daripada memasarkan produk lain, kenapa tidak kita ciptakan suatu produk yang berasal dari sekolah ini sendiri,” tuturnya kepada Metro Depok, Rabu (18/04).

Ia mengatakan, untuk produksi produk, mulai dari perizinan dan lain sebagainya didanai dari sekolah. Hal ini lantaran setiap sekolah memiliki bisnis center untuk mengembangkan kreativitas dari sekolah tersebut.

“Untuk memproduksi Tamil Wash ini, kami bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang berpengalaman untuk produksi sabun. Produk ini juga tentunya sudah diurus dari sisi perizinan, legal perusahaan dan lainnya,” paparnya.

Untuk produksi awal, lanjutnya, diproduksi sebanyak 5000 botol Tamil Wash baik itu sabun pencuci tangan dan lain-lainnya. Nantinya, produk tersebut akan dipasarkan para siswa ke masyarakat. Selain sebagai bahan praktik, ini untuk para siswa khususnya untuk mereka yang ada di jurusan pemasaran.

“Kami juga nantinya berencana untuk membuat pelatihan kepada para siswa dalam pembuatan sabun ini. Mereka diharapkan juga bukan hanya bisa memasarkan, tapi juga kedepan bisa berwirausaha,” tambahnya.

Rahman, sapaan akrabnya, pun menjelaskan kalau nantinya para siswa akan mendapatkan take and givedari hasil penjualan produk. Yang mana nantinya hasil dari penjualan bisa menjadi pemasukan untuk para siswa, sehingga dapat mandiri dari sejak dini.

“Kita ingin siswa kami memiliki semangat kewirausahaan agar kedepan mereka selepas lulus sekolah tidak hanya berpikir untuk kerja. Tapi juga mereka mampu membuka usaha sendiri,” lanjutnya.

Dia berharap, kreativitas ini diharapkan lulusan SMK Tamil jiwa wirausahanya diatas sekolah-sekolah yang bukan kejuruan. Produk ini hanya sebagai cara membuka wawasan dan juga menumbuhkan semangat wirausaha dari siswa itu sendiri. (WS/MD/JPG)

63