Home Terkini Kurangi Sampah, Gencarkan Pemilahan
Kurangi Sampah, Gencarkan Pemilahan

Kurangi Sampah, Gencarkan Pemilahan

6
0

Metro Depok – Program Pemerintah Kota Depok (Pemkot) Depok berupa pemilahan sampah di tataran rumah tangga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pemilahan sampah ini dinilai sebagai langkah untuk mengurangi volume sampah yang akan dibuang ke Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Cipayung.

Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Azhari mengatakan berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok, setiap hari produksi sampah yang dihasilkan warga Depok hampir mencapai 1.200 ton.

“Rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar. Karena itu, perlu ada kesadaran dari warga dan kepala lingkungan untuk membentuk bank sampah di tiap RW. Dengan begitu, sampah yang akan dibuang ke TPA akan jauh berkurang,” ungkap Azhari, Selasa (13/03).

Program pemilahan sampah melalui bank sampah dinilai bisa mengurangi beban TPA Cipayung. Apalagi, kondisi sampah di TPA Cipayung kini sudah overload.

“Maka dari itu, Peraturan Walikota (Perwal) no 46 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah perlu digencarkan kembali. Sehingga ketua lingkungan membentuk program bank sampah di setiap RW. Kami harap perwal ini disosialisasikan lagi, secara masif,” harapnya.

Saat ini, katanya lagi, di Depok terdapat 500 bank sampah yang tersebar di 63 kelurahan. Jika program pemilahan sampah ini terus digalakkan, dirinya optimis akan semakin banyak masyarakat yang membentuk bank sampah di lingkungan masing-masing.

“Peran serta masyarakat mermang sangat penting. Tentunya dengan memilah, masyarakat sendiri yang akan merasakan dampaknya. Sampah organik dapat dijadikan pupuk, sedangkan anorganik dijual. Sampah bukan lagi hal yang menakutkan, namun bisa menghasilkan. Asalkan masyarakat mau berjuang melawan sampah. Tentu program ini harus didukung oleh seluruh warga,” kata dia. (Hen/MD/JPG)

6

Ad Banner 728 x 90