Home Pendidikan Latihan Dasar Kepemimpinan SMK Citra Negara, Tingkatkan Displin Siswa 
Latihan Dasar Kepemimpinan SMK Citra Negara,  Tingkatkan Displin Siswa 
0

Latihan Dasar Kepemimpinan SMK Citra Negara, Tingkatkan Displin Siswa 

9
0

Metro Depok – Setiap tahun SMK Citra Negara melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). LDK Organisasi Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk melatih berorganisasi.

Tahun ini,  sekitar 740 siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Citra Negara  mengikuti Latihan Dasar Kepimpinan di Desa Cemara Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (3-5/11).

Ketua Panitia LDK SMK Citra Negara,  Endang Eva Yurita kepada Metro Depok mengatakan, kegiatan LDK ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pihak SMK Citra Negara.

“Kegiatan LDK ini memang merupakan agenda rutin sekolah kami yang diperuntukan bagi siswa kelas XI atau siswa baru,” katanya, kemarin.

Pihak sekolah berharap dengan adanya kegiatan LDK ini peserta  didik lebih baik sikap dan mentalnya serta meningkatnya disiplin, dan  dengan LDK ini siswa menjadi terarah terutama menanamkan jiwa  nasionalisme dan cinta tanah air.

Kegiatan meliputi untuk membentuk jiwa siswa  yang tanggap, tangguh dan trengginas, serta memiliki iman dan takwa serta memiliki bekal  pengetahuan kepemimpinan dan kemandirian saat menghadapi masalah dan penyelesaiannya.

Di kegiatan LDK, pihak sekolah juga bekerjasama atau menggandeng seperti Gerakan Anti Narkoba yang memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada para peserta LDK.

Pihaknya juga mendatangkan anggota TNI yang memberikan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan sikap NKRI kepada para siswa peserta LDK.

“Lebih lanjut menekankan bahwa kegiatan LDK adalah siswa kami harap mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan  disiplin, menanamkan sikap mandiri, tanggung jawab dan rasa memiliki  yang kuat sebagai calon pemimpin dan anggota masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, para siswa juga harus diasah kemampuan berorganisasi, administrasi,  motivasi serta latihan mengasah keterampilan melalui kegiatan-kegiatan  LDK, sekaligus mengolah mental san kedisplinan yang mereka miliki.

Di lokasi yang sama, Kepala SMK Citra Negara Luqman menambahkan, LDK ini diadakan sebagai wahana untuk membentuk karakter siswa, dengan harapan mampu menjadi pemimpin yang qurani dan berjiwa Pancasila.

“Kedisiplinan yang telah diterima oleh peserta LDK, hendaknya kami harapankan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” katanya.

LDK dengan materi meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), wawasan kebangsaan, kepemimpinan, karakter bangsa, olahraga, dan outbond. Untuk outbond, dilaksanakan

Dia mengatakan pembentukan karakter, LDK sangat penting bagi para siswa untuk menangkal hal-hal negatif dalam pergaulan sehari-hari, khususnya terkait kenakalan remaja.

Contohnya seperti ancaman narkoba dan bahaya merokok. Menurut dia, banyak pelajaran yang bisa diambil dari LDK, diantaranya mengenai pentingnya untuk bersikap idealis.

“Selain itu, LDK juga mengajarkan kepada siswa mengenai arti penting kebersamaan. Dengan mengikuti LDK, jiwa dan semangat kepemimpinan siswa mulai tertanam di tubuh para siswa tersebut,” harapnya.(*)

9

Ad Banner 728 x 90