Home Pendidikan Marching Band Tumbuhkan Kedisiplinan dan Patriotisme
Marching Band Tumbuhkan Kedisiplinan dan Patriotisme

Marching Band Tumbuhkan Kedisiplinan dan Patriotisme

8
0

Metro Depok – Dalam rangka mendidik siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondokcina 2,  Kecamatan Beji tidak hanya memberikan pendidikan mata pelajaran umum, siswa juga diberi ektrakulikuler di antaranya marching band.

Kepala SD Pondokcina 2 Sumarna kepada wartawan mengatakan, sekolahnya mendapatkan bantuan alat musik marching band dari Dinas Pendidikan Kota Depok.

“Sebelumnya sekolah kami mendapatkan bantuan alat musik marching band dan alat tersebut sudah kita gunakan untuk kegiatan siswa dengan ekskul marching band,” ujar Sumarna, kepada Metro Depok, Rabu (28/02).

Alat musik tersebut, dijelaskannya, diperkenalkan kepada para siswa, selain itu menjaring siswa yang ingin mengikuti kegiatan eksksul marching band di lingkungan sekolah.

Kegiatan ekstrakulikulikuler marching band bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan semangat patriotisme bagi peserta didik, tak kalah pentingnya dengan ektrakulikuler ini siswa jadi tambah pengetahuannnya untuk mata pelajaran kesenian yaitu seni musik dan seni tari marching band di SD Pondokcina 2.

Terciptanya kreatifitas para siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnyaTerciptanya mentalitas timnya yang disiplin, taat dan patuh pada peraturan yang ada, sehingga dapat terwujudnya tim drumband yang solid unggul dan memperoleh prestasi yang gemilang.

Lebih lanjut dikatakan, dengan aktifnya dalam kegiatan marching band membuat siswa terus menggali bakat dan minatnya terhadap seni baris berbaris, musik dan hal yang tidak kalah penting membuat menjadi seseorang yang lebih disiplin dan menggali bakat dan minatnya terhadap seni, dan budaya Indonesia.

Karakteristik unik dari setiap daerah ini, termasuk didalamnya kebudayaan dan kesenian tradisional, dapat menjadi tema musical yang menarik untuk dipadukan ke dalam musik dalam marching band. Baik musik, gerak tari dan budaya Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi.

“Aktif di ekstrakurikuler ini tentunya juga menambah nasionalisme. Dan prestasi dari hasil kerja keras yang cukup menyita waktu dan fisik menjadi bekal untuk mencapai hal positif lainnya di masa depan,” paparnya.

Kegiatan marching band ini juga berfungsi sebagai penyaluran agresifitas dan emosi remaja secara positif. Selanjutnya, fungsi kesenian yakni menjembatani kekurangan pendidikan musik pada pendidikan formal di sekolah, Marching band juga berkaitan erat dengan seni tari kontemporer dan tradisional, serta fungsi sosial.

Kontribusi lain adalah bahwa marching band dapat meningkatkan kemampuan sosial dan individual seseorang. “Kami berharap melalui ekstrakurikuler marching band yang saat ini sudah terbentuk, para siswa terus berlatih dan siap mengikuti kompetisi serta meraih juara yang terbaik,” Sumarna penuh harap. (Aji/MD/JPG)

8

Ad Banner 728 x 90