Home Terkini Margonda Akan Jadi Ikon
Margonda Akan Jadi Ikon

Margonda Akan Jadi Ikon

162
0

Metro Depok – Pemerintah Kota Depok di bawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono memiliki target menjadikan Jalan Raya Margonda sebagai ikon Kota Depok.

“Margonda akan kita buat ikon di Kota Depok. Margonda akan dibuatkan sekeren mungkin. Akan dimulai tahun ini. Perpaduan modern dan etnik,” ungkap Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Dirinya mengatakan akan konsep etnik yang akan diangkat adalah aspek budaya betawi, mengingat secara kultur Depok memang sangat erat dengan suku Betawi. Meskipun, secara geografis Depok adalah kota yang berada di wilayah Jawa Barat.

“Kami akan sosialisasi rencana pembangunan Jalan Margonda yang sudah divideokan,” tuturnya.

Margonda memang merupakan jantung Kota Depok. Dilihat dari letaknya, jalan yang menghubungkan wilayah Bogor di selatan dan Jakarta di utara ini ada di tengah Kota Depok.

“Bagaimana pun Depok multietnis, tapi betawinya tetap ada. Contohnya adalah pembangunan Gerbang Margonda dibuat mengangkat unsur budaya, yakni Gong si Bolong,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono melalui akun Instagram miliknya menyebut salah satu ikonik Kota Depok adalah Margonda. Ia pun bertanya kepada para followers-nya kira-kira Margonda akan menjadi seperti apa.

Masih di akun Instagram miliknya, Imam mengunggah 10 foto terkait kondisi Margonda, terutama apa saja yang dilakukan Pemkot Depok di jalan tersebut.

Di slide pertama, Imam memposting gambar kondisi Margonda yang sudah berbeda dari masa-masa sebelumnya. Meski begitu, dalam gambar tersebut bertuliskan kalimat kalau masih banyak yang harus diperbaiki.

Pada slide-slide selanjutnya, Imam memposting apa saja yang sudah dilakukan Pemkot Depok di Jalan Margonda. Pertama, Pemkot Depok sudah membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

“JPO terbaru yang dibangun ada di depan Apartemen Evenciio dengan konsep kebudayaan betawi. JPO lainnya yang berada di sepanjang Margonda ada di depan Margonda Residence, JPO Kampus Gunadarma, JPO depan Terminal Depok, dan JPO depan Balai Kota Depok,” tulis caption yang berada dikemas dalam foto slide kedua di postingan Imam Budi Hartono.

Selanjutnya, di Margonda sudah ada pembatas jalan dan jalur cepat untuk mengurangi kemacetan. Pada gambar selanjutnya bertuliskan Pemkot Depok sudah membuat moratorium IMB untuk gedung bertingkat demi membuat Margonda tidak semakin padat.

Pada slide selanjutnya, terdapat sebuah gambar yang bertuliskan kalau trotoar di sepanjang Margonda juga telah dilakukan perbaikan secara bertahap. Bukan itu saja, penghijauan dengan menanam pohon di sekitar Margonda pun sudah dilakukan.

Dalam postingan ini juga, Imam memposting gambar rencana mempercantik Margonda di masa kepemimpinan Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono. Tujuannya tentu agar kawasan tersebut nyaman, aman, dan menyenangkan.

Di masa kepemimpinan Idris-Imam, Pemkot Depok berencana melakukan penataan total seluruh trotoar Margonda di tahun 2021. Kedua, pembangunan underpass di Dewi Sartika untuk mengurangi kemacetan di Margonda.

Kemudian, Pemkot Depok akan mengembangkan platform IT Basis Depok Single Window. Yang mana nantinya warga Depok dapat mengeluh soal Margonda melalui aplikasi tersebut.

Pemkot Depok juga berencana melakukan pembebasan lahan di sekitar Margonda untuk penataan jalan. (Indra)

162