Home Terkini Mitra Cai Ajak Petani Ikan Rawat Kali Engram
Mitra Cai Ajak Petani Ikan Rawat Kali Engram

Mitra Cai Ajak Petani Ikan Rawat Kali Engram

6
0

METRO DEPOK – Pengurus Mitra Cai Sawangan Baru meminta para petani budidaya ikan ikut melestarikan Kali Engram. Pasalnya, air kali tersebut menjadi sumber kehidupan bagi petani.

Permintaan itu diungkapkan H. Aman Suherman selaku Ketua Mitra Cai yang juga membawahi puluhan petani  pembudidaya ikan di sejumlah RW  di wilayah Kelurahan Sawangan Baru.

“Budidaya ikan yang aktif dan produktif di Sawangan Baru ini jumlahnya sekitar 30, di antaranya di RW 01, 05 dan 06,” ujar Aman, kepada Metro Depok, Selasa (13/03).

Dari jumlah petani budidaya ikan tersebut, dikatakan lebih lanjut, merupakan para petani aktif dan produktif yang mengandalkan air baku dari Kali Engram, sedangkan petani lainnya di wilayah ini menggunakan Kali Pesanggrahan.

Namun, dijelaskannya, khusus petani ikan yang menggunakan air baku Kali Engram untuk budidaya ikan diharapkan bisa bekerjasama menjaga kebersihan kali tersebut, karena belakangan ini kali sudah dinormalisasi, dampaknya jalan air menjadi lancar.

“Tapi, saya masih melihat adanya sampah di kali tersebut, sehingga membuat kali menjadi kumuh,” tandasnya.

Bagi pembudidaya ikan, ditambahkannya, agar ikut mengawasi masyarakat sehingga mereka tidak membuang sampah secara semabarangan, karena dengan kepedulian yang dilakukan para petani ikan tersebut menjadikan Kali Engram ini menjadi lestari.

“Jujur saja, kalo tidak ada pengawasan dari Mitra Cai, Kali Engram ini sudah menyempit, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa hilang dijadikan bangunan,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan kerjasama yang baik para petani dan warga, Kali Engram sampai sekarang ini airnya bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai sumber kehidupan bagi petani, termasuk juga warga yang masih menggunakan air sumur. “Air Kali Engram meresap ke tanah dan membantu mengairi sumur sehingga sumur enggak kering,” tutupnya. (Dib/MD/JPG)

6

Ad Banner 728 x 90