Home Dibaleka November, Sekda Depok Dilantik
November, Sekda Depok Dilantik
0

November, Sekda Depok Dilantik

13
0

METRO DEPOK – Sebentar lagi Kota Depok akan memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Pejabat pengisi posisi birokrat tertinggi di Kota Depok ini rencananya akan dilantik pada November ini.

Saat ini, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tengah menggodok dan mengaji dari sisi kelengkapan administrasi tiga nama yang sudah dibawa dan ditandatangani Gubernur Jawa Barat. Tiga nama tersebut tentunya sudah mengikuti seleksi panjang dari Tim Panitia Seleksi (Tim Pansel).

“Kini saya tengah menunggu rekomendasi dari KASN terkait siapa yang pantas untuk di posisi tersebut,” tutur Walikota Depok Mohammad Idris, kemarin.

Nantinya, sambung Idris, ketika rekomendasi KASN sudah keluar maka selanjutnya akan diberikan instruksi untuk segera dilantik. Sehingga nantinya, Kota Depok memiliki Ketua atau Kepala Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) definitif dan Badan pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Karena nanti akan ada mutasi dan rotasi ASN di lingkungan Pemkot Depok.

“Sekarang KASN yang akan mengkaji dan proses selama dua minggu dan kita akan melantik Sekda di Kantor Balaikota Depok,” tandasnya.

Sementara itu, sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku telah menandatangani tiga nama Calon Sekda yang diajukan Kota Depok. Sesuai aturan yang ada, Kota Depok berhak memilih satu nama dari tiga nama tersebut untuk menempati posisi Sekda Kota Depok.

“Saya sudah menandatangani tiga nama yang diajukan Kota Depok. Nanti tinggal Walikota Depok yang memilih satu nama dari tiga nama yang telah mengikuti tahapan seleksi,” paparnya belum lama ini saat berkunjung ke Depok.

Ia menjelaskan, untuk mekanisme seleksi Sekda sendiri yakni dimulai dari dibentuknya Tim Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk berasal dari luar Kota Depok. Tim Pansel sendiri harus memiliki golongan 2A, sedangkan golongan itu di tingkat kota atau kabupaten hanya satu orang dan itu adalah Sekda.

 

Untuk itu, Tim Pansel harus beranggotakan orang dari luar Depok dan selevel dengan golongan tersebut. Bisa berasal dari Provinsi Jawa Barat maupun berasal dari pusat dengan komposisi Tim Pansel ada yang berasal dari akademisi, tokoh masyarakat dan pejabat minimal golongan 2A, serta terdiri dari lima orang.

 

“Tim Pansel ini yang menjaring nama-nama yang layak, baik dari sisi kredibilitas dan tentunya sudah esselon 2. Nama-nama yang terjaring bisa dikonsultasikan ke kami atau tidak pun tidak masalah. Tidak ada intervensi juga dari kami untuk siapa yang akan menjadi Sekda,” tandasnya.(ws)

 

13

Ad Banner 728 x 90