Home Hot News Operasi Zebra, Ratusan Kendaraan Kena Tilang 
Operasi Zebra, Ratusan Kendaraan Kena Tilang 

Operasi Zebra, Ratusan Kendaraan Kena Tilang 

20
0

METRO DEPOK-Terhitung kemarin, Satuan Polisi Lalu-Lintas Polresta Depok menggelar operasi zebra tahun 2017 di sejumlah beberapa lokasi di Kota Depok. Operasi zebra akan dilakukan terpusat selama 14 hari ke depan.

Sebagai mempersiapkan kegiatan operasi Zebra 2017 anggota Polantas melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di sejumlah titik di lokasi Kota Depok.

Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengatakan, sebelum pelaksaan operasi Zebra Jaya 2017, anggota melakukan sosialisasi berupa pemasangan spanduk tertib berlalu-lintas di jalan.

“Pemasangan spanduk kita lakukan di beberapa titik strategis yaitu poslantas, pusat keramaian serta terminal,” ujarnya.

Jumlah kekuatan personel yang diturunkan dalam operasi zebra tahun ini, ada sebanyak 350 personil Polres dab instansi lain seperti Satpol PP, Dishub, dan Polisi Militer.

Untuk sasaran operasi zebra adalah kendaraan bermotor baik itu motor, kendaraan pribadi, maupun angkutan umum.

“Kami meminta bagi pengendara bermotor untuk mentaati tata tertib berlalu-lintas dan peraturan yang ada. Lengkapi semua kelengkapan standar kendaraan, dan surat-surat kendaraan sekaligus jangan lupa menggenakan helm SNI,” katanya.

Pelaksaan operasi zebra tahun ini, Kasat bertarget akan mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas di jalan, serta pengendara dapat lebih tertib lagi di jalan.

Pelanggar tertinggi tahun sebelumnya tertinggi masih dipegang motor. Mudah-mudahan tahun ini dapat ditekan pelanggar untuk motor.

Dia mengatakan pelaksanaan operasi Zebra ini akan dilakukan selama 14 hari ke depan dengan sasaran kendaraan motor, mobil, maupun angkutan umum.

“Target operasi kita kali ini lebih ke upaya represif atau penindakan. Prioritas sasaran kendaraan bermotor yang melawan arus, pengguna rotator maupun sirine bagi kendaraan pribadi bukan dinas, serta kelengkapan pengecekan surat-surat kendaraan,”katanya.

Dia berharap selama operasi berjalan masyarakat Depok untuk lebih mentaati tertib peraturan lalulintas di jalan.

“Dalam operasi kita berupaya menciptakan Kamtertibcarlantas sehingga dapat mengurangi tingkat pelanggar dan angka kecelakaan di jalan,” tambahnya.

Hari pertama pelaksaan Operasi Zebra Jaya 2017 di Polresta Depok telah berhasil menjaring ratusan kendaraan bermotor yang ketilang. Data sementara yang masuk anggota berhasil menjaring sebanyak 113 unit motor dan 75 unit mobil.

“Rata-rata paling banyak ketilang tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, pajak mati, tidak mengenakan helm dan teguran seperti tidak menggunakan sabuk seft belt mobil,” ujar Kasat.

Mantan Kanit Regident Polresta Depok ini mengaku ada sebanyak 188 surat tilang dalam pelaksaan sehari operasi zebra ini.

“Melihat hasil data yang masuk pelaksanaan operasi zebra hari pertama cukup banyak yang ketilang. Diharapkan pengendara motor untuk dapat lebih tertib dalam berlalulintas. Pelaksaan operasi terkonsentrasi di Jalan Margonda dan Juanda,” ungkapnya.(aji/hen)

20