Home Lintas Panwaslu Bentuk Tim Gakkumdu
Panwaslu Bentuk Tim Gakkumdu
0

Panwaslu Bentuk Tim Gakkumdu

6
0

METRO DEPOK – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) sekaligus Launching Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Wisma Hijau, Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, kemarin.

Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana, menuturkan Tim Gakkumdu dibentuk Panwas bersama dengan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Depok dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok.

Tim tersebut terdiri dari 15 orang, yang terdiri dari unsur Panwaslu divisi Penindakan dan Pelanggaran, Polresta Depok dari unsur Reserse Kriminal (Reskrim), serta dari Kejari Depok dari Seksi Pidana Umum (Pidum). Tim tersebut diketuai oleh Andriansyah yang merupakan Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Kota Depok.

“Gakkumdu bertugas untuk menangani kasus pelanggaran pidana di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa barat 2018,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tugas pokok dan fungsi Gakkumdu sendiri adalah menangani dugaan pelanggaran pidana pemilihan, sejak saat menerima laporan. Nantinya bila ditemukan pelanggaran, Panwaslu Depok didampingi petugas penyidik kepolisian dan kejaksaan akan langsung mempelajari. Sehingga bisa langsung ditetapkan apakah memenuhi unsur pidana atau tidak.

“Agar proses penanganannya lebih cepat karena dalam peraturannya batas waktu penanganan pelanggaran dalam Pilgub relatif singkat,” ungkap Dede.

Dalam Tim Gakkumdu sendiri, lanjut Dede, para personel yang duduk dalam tim akan diberikan Surat Keputusan (SK) Panwaslu sebagai dasar hukum.

“Kita berharap dengan adanya Gakkumdu nantinya penanganan pelanggaran dalam Pilgub jabar dapat lebih efektif dan cepat. Sehingga tidak ada laporan yang terlambat ditangani,” tutup Dede. (ws)

6

Ad Banner 728 x 90