Home Terkini Pedestrian Margonda Bakal Ditata
Pedestrian Margonda Bakal Ditata

Pedestrian Margonda Bakal Ditata

391
0

Metro Depok – Wacana memperindah Jalan Raya Margonda ternyata bukan isapan jempol belaka. Seperti diketahui, di masa kepemimpinan Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono kawasan ini mendapatkan perhatian lebih lantaran menjadi etalasenya Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono pun membenarkan kalau di tahun 2021 ini, kawasan Margonda akan disulap cantik. Terutama trotoar yang ada di jalan tersebut.

Menurutnya, Margonda akan diperindah serta dipercantik yang outputnya membuat masyarakat saat melintasi jalan ini nyaman dan aman.

“Insya Allah di 2021 ini, kawasan pedestrian di Kota Depok, khususnya di Jalan Raya Margonda akan kita percantik. Kita akan poles sehingga pejalan kaki yang lewat trotoar di Margonda merasa nyaman dan aman,” tuturnya, Selasa (09/03).

Imam mengatakan, saat ini Detail Engineering Design (DED) terkait penataan trotoar di Jalan Raya Margonda sudah selesai. Rencananya satu hingga dua bulan ini akan dilakukan pelelangan dan segera dikerjakan untuk seksi I.

Rencananya, sambung Imam, penataan trotoar di Margonda dibagi menjadi tiga seksi. Seksi I yakni dari Tugu Jam Siliwangi hingga Simpang Ramanda, berlanjut seksi II dari Simpang Ramanda hingga Juanda, dan seksi III atau terakhir dari Juanda hingga UI.

“Kita akan buat kawasan pedestrian atau trotoar lebarnya tiga meter untuk membuat nyaman para pejalan kaki ketika melintas,” ujar Imam.

Terkait penataan trotoar seksi I yakni dari Tugu Jam Siliwangi hingga Simpang Ramanda, Imam berkeinginan membangun dua sisi trotoar, namun ia melihat dari sisi anggaran yang ada.

“Untuk seksi I rencananya (yang dibangun) dari arah Tugu Jam Siliwangi hingga Simpang Ramanda. Untuk sisi mana yang akan dikerjakan, kita lihat dulu anggarannya. Apakah bisa satu sisi atau dua sisi. Kami sih inginnya dua sisi,” kata Imam.

“Bila satu sisi berarti hanya sisi sejalur Balai Kota saja, bila dua sisi berarti sejajar Balai Kota dan seberangnya yakni sisi sejajar Mapolresta Depok,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga Imam menyebut anggaran yang dialokasikan untuk penataan trotoar tersebut sekitar Rp 3 miliar. Politisi PKS ini optimis kalau dana tersebut dapat mempercantik dan mempernyaman trotoar di Jalan Raya Margonda untuk kawasan pedestrian.

“Insya Allah, dengan anggaran ini kita akan mempercantik trotoar di Margonda,” ujarnya.

Dia menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di bawah kepemimpinan Idris-Imam akan lebih dekat kepada masyarakat dengan memperlihatkan infrastruktur di depan kantor pemerintah akan menjadi tempat publik yang nyaman.

“Kita akan membuat infrastruktur yang nyaman dan dapat dipergunakan masyarakat untuk beraktivitas, terutama bagi mereka para pedestrian,” ujarnya.

Bukan saja diperlebar dari dua meter menjadi tiga meter. Penambahan satu meter untuk trotoar di Margonda ini untuk menjadi jalur sepeda.

“Penambahan satu meter ini berasal dari jalur sepeda yang selama ini berada di jalan raya dan tidak dimanfaatkan atau disalahgunakan, rencananya kita akan naikkan di trotoar. Kita akan amankan para pesepeda agar saat melintas tidak terganggu oleh para pengguna kendaraan bermotor baik itu roda dua dan empat,” kata Imam.

Pemkot Depok juga berencana membuat sistem pengamanan untuk trotoar di Margonda agar tidak disalahgunakan. Seperti diketahui selama ini, sebagian trotoar banyak yang beralih fungsi menjadi tempat parkir atau tempat usaha.

“Ke depan jangan sampai hal ini terjadi lagi. Untuk itu, saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga trotoar atau kawasan pedestrian baik itu Margonda, maupun di kawasan Depok lainnya agar tetap sesuai fungsinya, jangan sampai beralih fungsi,” tandas Imam. (Indra)

391