Home Pendidikan Pelaksanaan UNBK di SMKN 4 Tanpa Kendala Berarti
Pelaksanaan UNBK di SMKN 4 Tanpa Kendala Berarti

Pelaksanaan UNBK di SMKN 4 Tanpa Kendala Berarti

14
0

Metro Depok – Kemarin, menjadi hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pelajar tingkat SMK. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris. Sedangkan dua hari sebelumnya adalah Senin mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Selasa mata pelajaran Matematika. Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan UNBK dengan mata pelajaran Teknik Dasar.

Meninjau pelaksanaan UNBK SMKN 4 Negeri Depok, yang berlokasi di Jalan Kramat 3 No.16 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, suasana tampak hening. Para peserta ujian tampak serius di mejanya masing-masing. Mereka fokus menatap layar monitor yang menampilkan puluhan soal dan aneka jawaban. Di tangan mereka bersiap mouse untuk mengeklik dan mengisi jawaban yang diyakini benar.

Sementara guru pengawas dengan seksama menjalankan tugasnya mengawasi proses pelaksanaan ujian agar berjalan tertib dan jujur. Tidak hanya itu, pengawas juga berperan membantu siswa yang mengalami kesulitan atau terkendala dalam hal peralatan komputernya, sehingga siswa dapat mengerjakan soal UNBK dengan sebaik mungkin. Sebelum ujian berlangsung, pengawas ujian memberikan pengarahan kepada siswa dan mengingatkan tata terbit ujian.

Wakil Kepala SMKN 4 Bidang Kurikulum, Budhi Prasojo mengatakan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini di sekolahnya diikuti sebanyak 62 siswa. Pelaksanaan ujian dibagi menjadi tiga sesi. Di ruangan ujian tersedia 21 unit komputer, dengan cadangan 4 unit komputer dan 2 server untuk mengantisipasi adanya gangguan saat ujian berlangsung.

“Alhamdulillah sampai hari ketiga pelaksanaan UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Inggris berjalan lancar,” ujar Bhudi.

Pihaknya berharap kelancaran UNBK ini akan berlangsung hingga esok yang menjadi hari terakhir pelaksanaan ujian. Kelancaran ini menyangkut tidak adanya gangguan listrik maupun server, agar para siswanya dapat mengerjakan soal sebaik mungkin dan tidak adanya kecemasan saat mengerjakan soal.

“Untuk tingkat kelulusan siswa tahun ini, tentunya SMKN 4 Depok berharap bisa meluluskan 100 persen siswa. Selanjutnya, para siswa dapat bekerja sesuai dengan keinginan mereka dan atau bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negari maupun swasta yang juga sesuai dengan harapan mereka untuk masa depannya,” harapnya.

Sebelum pelaksanaan ujian, lanjutnya, sekolah telah mempersiapkan siswa dengan pendalaman materi, latihan soal UNBK, dan simulasi soal UNBK.. Untuk persiapan fasilitas sendiri seperti komputer, sudah disiapkan jauh-jauh hari. SMKN 4 Depok juga bekerjasama dengan Universitas Gundarma untuk membantu para siswa untuk mengerjakan latihan-latihan soal UNBK agar para siswa terbiasa dalam menghadapi ujian.

Sementara, salah seorang siswa, Ilham mengaku selama pelaksanaan ujian tidak ada kendala berarti. Hanya saja, pada hari ketiga terjadi gangguan internet sekitar 5-10 menit. Namun hal itu akhirnya teratasi dan ujian dapat dilanjutkan.

”Untuk hari pertama dan kedua tidak adanya gangguan berarti. Namun di hari ketiga dalam mata pelajaran bahasa Inggris, terjadi gangguan internet yang memakan waktu 5-10 menit, saat listening berlangsung,” ujar Ilham, Peserta UNBK SMK 4 Negeri Depok. (Dic/MD/JPG)

14

Ad Banner 728 x 90