Home Dibaleka Pembebasan Lahan RSUD Bagian Timur Capai Rp 50 Miliar
Pembebasan Lahan RSUD Bagian Timur Capai Rp 50 Miliar

Pembebasan Lahan RSUD Bagian Timur Capai Rp 50 Miliar

9
0

Metro Depok – Pemerintah Kota Depok berupaya maksimal mewujudkan pembangunan RUSD di wilayah timur Kota Depok. Untuk proses pembebasan lahannya diperkirakan mencapai Rp 50 miliar.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, Ernawati menuturkan pembangunan RSUD ini merupakan rencana pembangunan jangka menengah daerah, selama lima tahun Walikota Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna.

“Tahun ini, pembebasan lahan RSUD bagian timur. Rumah sakit yang akan dibangun nantinya bertipe C Rencana lokasinya di kawasan Kecamatan Tapos,” ungkapnya, Rabu (28/02).

Dijelaskannya, RSUD Depok tipe C ini akan dilengkapi dengan 100 tempat rawat inap, memiliki pelayanan spesialis anak, penyakit dalam, kandungan, dan dokter patologi klinik, dan lainnya.

“RSUD tipe C ini kami sesuaikam, tapi maksimal untuk pelayanan,” katanya.

Lebih lanjut diutarakannya, pembangunan RSUD Depok di wilayah timur ini sebagai upaya Pemkot Depok memberikan pelayanan kesehatan secara merata. Saat ini, Kota Dpeok telah memiliki satu RSUD yang terletak di wilayah barat, yakni di Kecamatan Sawangan.

Jika nanti sudah terbangun, warga yang berada di sebelah timur Kota depok, melipuri Kecamatan Tapos, Cilodong, Sukmajaya, dan Cimanggis tidak perlu lagi menuju RSUD Sawangan karena jaraknya yang lumayan jauh.

“Depok kan terbagi dua wilayah timur dan barat, Pemkot berikan alternatif pelayanan dibangun RSUD Depok. Jadi kalau warga Depok tinggal di tengah bisa berobat di daerah timur dan barat, tinggal milih saja,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Widyanti Riyandani mengatakan, pembangunan RSUD Depok di bagian timur ini sedang dalam proses pengkajian lahan. Dua lokasi yang tengah dikaji adalah di Kelurahan Sukatani dan Kelurahan Tapos. Kedua lokasi ini masuk di Kecamatan Tapos.

“Pembebasan lahan melalui Dinas Pemukiman dan Perumahan (Disrumkim)  Depok. Kalau untuk luasan kurang lebih 1 hektare lahan yang dibangun. Untuk pelaksanaan pembangunan fisik kemungkinan setelah dibuatkan DED diperkirakan 2019 dan 2020 bisa dibangun fisiknya,” ucapnya. (Hen/MD/JPG)

9

Ad Banner 728 x 90