Home Parlemen Pemkot Depok Diminta Buat Kursus Pra Nikah
Pemkot Depok Diminta Buat Kursus Pra Nikah

Pemkot Depok Diminta Buat Kursus Pra Nikah

82
0

Metro Depok – Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, T. Farida Rachmayanti mengatakan kalau penguatan ketahanan keluarga harus dilakukan dari hulu ke hilir.

“Ketahanan keluarga harus dibangun sejak awal, yakni dimulai sebelum pasangan menuju jenjang pernikahan,” ujarnya.

Karena itu, edukasi tentang ketahanan keluarga bisa dimulai dari kondisi pra nikah melalui kursus pra nikah. Tujuannya agar memberikan pemahaman para calon pengantin (catin) tentang bagaimana membangun serta menjaga ketahanan keluarga utuh.

“Ini merupakan upaya jangka panjang mencegah disharmonisasi keluarga. Selain itu, terkait kursus pra nikah sendiri tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 9 Tahun 2017 tentang Peningkatan Ketahanan Keluarga,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dalam Perda tersebut tertulis bahwa bimbingan pra nikah sendiri diselenggarakan untuk terwujudnya yang dicita-citakan sesuai perundang-undangan yang dlaksanakan oleh Direktorat Jenderal bimbingan masyarakat Islam atau lembaga keagamaan lainnya yang menyelenggarakan bimbingan Pra-Nikah.

“Selain itu, informasi pra nikah berkaitan dengan masalah perkawinan, pengembangan kualitas diri, dan pelayanan kesehatan terkait persiapan perkawinan. Dalam kursus itu sendiri para peserta diberikan pemahaman terkait kesehatan reproduksi, Undang-Undang Perkawinan, keharmonisan keluarga, pendidikan dan pengasuhan anak, fungsi keluarga sesuai norma agama, adat, sosial, serta ketentuan peraturan perundang-undangan dan lain-lain,” paparnya.

Melihat pentingnya kursus pra nikah tersebut, sambung Farida, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diharapkan bisa membuat kursus tersebut sebagai tindak lanjut dari implementasi Perda tersebut.

Selama ini kursus pra nikah baru diselenggarakan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk para calon pengantin (catin). Karenanya dia berharap agar Pemkot Depok bisa membuat kursus pra nikah bukan hanya terbatas untuk catin.

“Masyarakat dalam hal ini remaja atau pemuda yang belajar tentang ketahanan keluarga pun bisa ditampung melalui kursus tersebut. Karena itulah kursus pra nikah sangat penting untuk diselenggarakan di Kota Depok,” ungkap Farida.

Dia pun mengatakan, kursus pra nikah sendiri bisa sebagai upaya mengantisipasi secara jangka panjang permasalahan perceraian di Kota Depok. Sebab, angka perceraian di Kota Depok bisa dikatakan cukup tinggi khususnya di kalangan pasangan muda.

Walaupun begitu, katanya lagi, kursus ini jangan dilihat dari sudut perceraian, melainkan juga hasil akhirnya, yakni menghasilkan keluarga yang berkualitas.

“Dalam kursus ini nantinya akan diberikan pemaparan terkait bagaimana menjadi suami dan istri yang baik. Serta bagaimana menjadi orang tua yang baik untuk anak. Karena itulah filosofi dari kursus ini bukan hanya semata dilihat dari perspektif kondisi negatif. Melainkan kursus pra nikah adalah agar menghadirkan keluarga yang berkualitas,” tandas Farida. (WS/MD/JPG)

82

Ad Banner 728 x 90