Home Dibaleka Pemkot Depok Pasang Bronjong di Kali Cabang Tengah
Pemkot Depok Pasang Bronjong di Kali Cabang Tengah

Pemkot Depok Pasang Bronjong di Kali Cabang Tengah

14
0

Metro Depok – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memasang bronjong di lokasi turap Kali Cabang Tengah di Kampung Poncol, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, yang mengalami longsor.

Kepala Dinas PUPR Depok Manto menuturkan setelah melakukan pembersihan material turap yang longsor pada Selasa-Rabu (29-30/5), pihaknya melakukan pengerjaan darurat memasang bronjong sebagai pengganti turap.

“Pemasangan bronjong kami lakukan oleh tim satgas banjir. Hal ini dilakukan untuk mencegah longsor susulan yang mungkin terjadi,” katanya.

Pemasangan bronjong ini diperkirakan memakan waktu sekitar dua minggu. “Kami berharap setelah pemasangan bronjong selesai tidak akan ada longsor lagi di sini,” katanya.

Pemasangan bronjong ini adalah langkah darurat mencegah longsor meluas, menggunakan bahan material yang masih dimiliki Dinas PUPR Depok. “Nantinya akan dibangun turap permanen di lokasi longsor, setelah anggarannya kita ajukan dahulu,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya langsung mengerahkan puluhan personel Satgas SDA untuk mengatasi dan mencegah kemungkinan terburuk atas peristiwa longsornya turap bantaran Kali Cabang Tengah.

“Kami turunkan tim Satgas untuk membersihkan longsoran turap yang menutup kali serta mencegah longsoran meluas dan kemungkinan terburuk lainnya,” katanya.

Dia mengatakan turap yang longsor diduga disebabkan adanya air yang masuk ke pori-pori turap sehingga menyebabkan turap dibagian bawah terkikis lalu longsor yang cukup besar.

Air yang masuk ke turap mengakibatkan terkikisnya turap tersebut dan bagian turap bagian bawah keropos sehingga tidak ada lagi penopang yanh mengakibatkan turap tersebut longsor. Untuk penanganan sementara pihaknya membersihkan bongkahan turap yang longsor dan dilanjutkan dengan pemasangan bronjong.

Dilihat dari kondisi struktur di lapangan pemasangan bronjong tidak bisa dilakukan dan yang akan dilakukan pemasangan turap baru dengan menggunakan Biaya Tidak Terduga sekitar Rp 200 juta.

Di lokasi yang sama Wali Kota Depok Mohammad Idris menuturkan, untuk perbaikan seluruh turap Kali Cabang Tengah di sepanjang Jalan Tanah Baru membutuhkan dana anggaran besar mencapai Rp40 Miliar.

Oleh karena itu, Permkot Depok, kata Idris, sudah meminta ke Pemprov Jawa Barat untuk melakukan intervensi rencana perbaikan menyeluruh seluruh turap di Kali Cabang Tengah tersebut. Menurut Idris, dana Rp40 miliar hanya untuk perbaikan turap, belum termasuk penataan kali.

“Kalau ditambah penataan, termasuk dengan grojokan atau air terjun dan jembatannya, nilai miliaran kami nilai tidak cukup, bisa mencapai triliunan,” katanya.

Selain meminta intervensi dari Pemprov Jawa Barat untuk turap, kata Idris, pihaknya juga sudah memasukkan program kerjasama dengan Pemprov DKI di wilayah perbatasan di sepanjang Kali Cabang Tengah di Jalan Tanah Baru.

“Untuk daerah di Jalan Tanah Baru ke sana (Jakarta), yang masuk ke perbatasan sudah dimasukkan programnya untuk kerjasama dengan DKI,” tuturnya.

Jadi nantinya semua ditangani komperehensif. Kalau tidak ditangani komperehensif, yang terjadi akan seperti Kali Laya, Turap Kali Laya, di Cimanggis, sudah beberapa kali ambrol dan longsor karena perbaikan turap dilakukan sepotong-sepotong dan tidak komperehensif.

“Jadi ke depan agar penanganan komperehensif, maka Provinsi Jabar menangani turap kalinya karena wewenang dia, kita jalannya dan nanti DKI perbatasannya. Yang kita ingin kerjasama seperti itu. Semoga ke depan ini terealisasi,” katanya.

Sementara, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Abdullah mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkot Depok yang langsung memperbaiki turap Kali Cabang Tengah.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Depok yang sudah memperbaiki turap Kali Cabang Tengah,” katanya. (Aji/MD/JPG)

14

Ad Banner 728 x 90