Home Lintas Pengawasan WNA di Depok Akan Diintensifkan
Pengawasan WNA di Depok Akan Diintensifkan

Pengawasan WNA di Depok Akan Diintensifkan

40
0

Metro Depok – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora)  Kota Depok akan lebih meningkatkan pelaksanaan pengawasan terhadap keberadaan orang asing dengan menggelar razia setiap bulan.

Pelaksanaan razia gabungan biasanya hanya dilakukan dua kali dalam setahun. Peningkatan pengawasan ini dilakukan menyusul dikeluarkannya Peraturan Presiden No 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

“Dengan adanya kemudahan tenaga asing bekerja di negara kita, mungkin pengawasannya harus lebih diintensifkan lagi. Dari yang awalnya setahun dua kali, menjadi sebulan sekali,” ungkap Kadiv Keimigrasian Kanwil Kumham Jawa Barat, M Hayat Henri ketika rapat bersama dengan Imigrasi Kelas II Depok, Rabu (25/04).

Lebih lanjut diutarakannya, saat ini Imigrasi atau Timpora telah melakukan pengawasan WNA dengan menggunakan sistem digital. Bahkan ke depan, akan ada ada aplikasi khusus yang mengawasi pergerakan WNA selama di Indonesia.

“Nantinya, orang asing yang datang ke Indonesia akan diberikan barcode, tidak lagi dengan cap. Ini yang nantinya wajib mereka scan, di manapun mereka berada, termasuk di airlines, atau di hotel. Dengan demikian terbaca pergerakannya,” pungkasnya.

Dengan aplikasi ini, katanya lagi, akan memudahkan Timpora dalam melaksanakan tugasnya mengawasi WNA. Harapannya, WNA yang memiliki niat dan tindakan negatif bisa diminimalisasi.

“Keberadaan Timpora ini memang menguntungkan imigrasi. Timpora bersinergi dengan instansi lain untuk mengawasi WNA,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi II Depok Dadan Gunawan berharap adanya peraturan Presiden No 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing bisa menekan permasalahan WNA di Depok.

“Pengawasan perlu kita intensifkan dengan razia tiap bulan,” ujarnya. (Hen/MD/JPG)

40