Home Terkini Pengurus Jawara Depok Dilantik
Pengurus Jawara Depok Dilantik

Pengurus Jawara Depok Dilantik

4
0

DEPOK – Komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jaringan Wirausaha (Jawara) Kota Depok melantik pengurus periode 2021-2025. Selain menggelar pelantikan pengurus, juga diadakan rapat kerja sejumlah divisi di Jawara Depok.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Ketua Majelis Wali Amanat Ade Supriatna, Dinas UMKM Kota Depok yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dewi Indriati, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut berlangsung khidmat di Ruang Teratai, Gedung Balai Kota Depok pada Selasa, 8 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Ketua Jawara Depok Ubaidillah mengatakan siap berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk memajukan UMKM Depok.

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi para pelaku usaha karena hantaman pandemi. Tapi, di tahun 2021 ini menjadi tantangan bersama para pengusaha untuk bangkit. Harapan kita di 2021 ini menjadi momentum bagi kita untuk bangkit,” kata Ubai yang juga pemilik Soto Seger Boyolali Hj Amanah ini.

Ubai juga berharap sejumlah pihak di Depok untuk bersama sama berkolaborasi meneguhkan kebangkitan UMKM di Kota Depok.

Senada dengan Ubai, Kamaludin Enuh selaku Sekretaris Jenderal Jawara Depok berharap wirausaha muda mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Apalagi banyak faktor yang membuat wirausaha muda dan startup mengalami kegagalan.

“Ada 5 faktor yang membuat startup mengalami kegagalan, pertama soal produknya yang tidak dibutuhkan pasar. Kedua, kehabisan dana. Kemudian, sulitnya berkompetisi. Lalu, harga yang tidak bisa bersaing, dan terakhir tidak membangun tim,” tuturnya.

Kamaludin menyebut, faktor-faktor ini menjadi PR untuk Pemkot Depok. Selain itu, ia berkeinginan UMKM dapat terus berkembang sehingga menjadikan Kota Depok menjadi Maju, Berbudaya, dan Sejahtera.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyambut baik terbentuknya Jawara Depok. Dia berharap, Jawara bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Komunitas yang bergerak di bidang UMKM harus kita dukung semoga bisa bersinergi dalam mengatasi masalah perekonomian warga Depok,” kata Imam.

Imam juga berpesan agar Jawara dapat memberikan pendampingan kepada UMKM yang masih sangat kecil agar dapat terus bertumbuh.

“Mudah mudahan Jawara bisa mengambil peran untuk mendampingi mereka supaya insting bisnis mereka bisa terus terasah,” harap Imam.

Acara kemudian dilanjutkan dilanjutkan dengan pelantikan BPH Jawara yang dilakukan Ketua Majelis Amanat Ade Supriatna, sekaligus pembacaan ikrar dan janji.

“Semoga hadirnya Jawara bisa membantu pelaku usaha mikro untuk terus bertumbuh. Karena pelaku usaha yang masih kecil jangan dilepas itu ibarat rusa di kandang macan bisa tergilas,” papar Ade.

4