Home Serba-serbi Petani Ikan di Sawangan Baru Galau
Petani Ikan di Sawangan Baru Galau

Petani Ikan di Sawangan Baru Galau

179
0

Metro Depok – Petani ikan yang berada di wilayah Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan yang memanfaatkan air Kali Engram mulai galau. Hal ini lantaran sebulan belakangan ini air kali yang dimanfaatkan untuk budidaya ikan mengalami kekeringannya. Sehinggga airnya tidak bisa mengalir ke empang mereka lantaran sumber air dari Kali Pesanggrahan tidak bisa memasok air.

“Sudah lebih dari sebulan air Kali Engram ini kering sehingga empang warga untuk budidaya ikan juga kekurangan air,” kata H. Aman Suherman selaku Ketua Mitra Cai setempat, kepada Metro Depok, Selasa (24/07).

Untuk memenuhi kebutuhan air, sambung dia, para petani menyedot air dari Kali Pesanggrahan sehingga membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang cukup besar nilainya untuk ukuran petani.

Sesungguhnya, lanjut Aman, bahwa sumber air bagi 30 petani budidaya ikan yang memanfaatkan Kali Engram di Sawangan Baru, pasokan airnya dari Kali Pesanggrahan. Namun air kali tersebut di pintu air seberang areal perumahan Rivaria tidak bisa masuk karena sudah menyusut.

Meski oleh petani budidaya ikan lokasi sekitar Kali Pesanggrahan dibendung dengan karung, air tidak bisa menjangkau ke Kali Engram sehingga air kali menjadi kering. “Ini merupakan permasalahan setiap musim kemarau karena sumber air hanya satu yakni Kali Pesanggrahan,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya berharap dari dinas terkait di Pemkot Depok mencarikan jalan keluar mengatasi persoalan ini. Sehingga para petani budidaya ikan yang juga merupakan warga di kota ini bisa bertahan hidup.

“Jujur saja, petani di sini hanya mengandalkan hasil jual beli ikan kalau tidak ada air sebagai sumber kehidupan petani maka akan gulung tikar,” ucapnya.

Sebelumnya, Lurah Sawangan Baru, Cucu Suardi meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke kali. Dampaknya kali menjadi kumuh dan membuat air tidak lancar mengalir.

“Ini harus menjadi perhatian bersama,” pungkasnya. (Dib/MD/JPG)

179