Home Lintas Petani Ikan di Sawangan Baru Keruk Empang
Petani Ikan di Sawangan Baru Keruk Empang

Petani Ikan di Sawangan Baru Keruk Empang

47
0

Metro Depok – Dalam upaya memperoleh hasil panen ikan secara optimal, para pembudidaya ikan di Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan melakukan pembersihan lumpur yang terdapat di empang, sehingga empang lebih dalam dan ikan bisa secara leluasa bergerak. Kegiatan ini mereka lakukan saat memasuki kemarau sehingga air di dalam empang bisa dikendalikan.

“Kalo musim hujan pengerukan lumpur empang sulit dilakukan karena air hujan bakal memenuhi empang. Kalau musim panas sekarang ini pengerukan lumpur mudah dilakukan,” kata Aksa Santari, pembudidaya ikan kepada Metro Depok, Rabu (04/04).

Manfaat pengerukan lumpur di empang, diungkapkannya, ikan bisa tumbuh besar karena mereka lebih leluasa bergerak. Kemudian daya tampung empang ukuran sekitar 200 meter persegi dan bisa menampung sekitar 2000 bibit ikan hingga besar.

Adapun jenis ikan yang dibudidaya, dijelaskannya, khusus ikan patin, karena selain tahan terhadap cuaca, juga tidak rentan pada kematian. Namun, pemberian pakan harus rutin sehingga ikan tidak mengalami kematian.

“Saya ini puluhan tahun menjadi pembudidaya ikan, dan hasilnya cukup lumayan untuk membantu biaya hidup bersama keluarga,” ujar pensiunan guru sekolah dasar ini.

Sementara itu, H. Aman Suherman selaku Mitra Cai Kelurahan Sawangan Baru mengatakan, sumber air pembudidaya ikan di wilayah kerjanya selain Kali Engram juga ada Kali Pesanggrahan, keduanya sebagai sumber kehidupan bagi petani ikan, namun disayangkan kali tersebut kurang terjaga, sehingga selalu banyak kotoran sampah.

“Harusnya warga bisa menjaga kali dengan tidak membuang sampah secara sembarangan sehingga kali menjadi bersih, dan petani tidak kesulitan air,” tandasnya. (Dib/MD/JPG)

47

Ad Banner 728 x 90