Home Pendidikan Ponpes Al Hikam memperingati Hari Santri Nasional
Ponpes Al Hikam memperingati Hari Santri Nasional
0

Ponpes Al Hikam memperingati Hari Santri Nasional

3
0

Metro Depok – Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017 memiliki makna khusus, terutama untuk para santri di Indonesia. Hari Santri disebut sangat erat kaitannya dengan perjuangan para santri yang dahulu berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa peran santri dalam menegakkan agama dan bangsa cukup besar.

Direktur Kulliyatul Qu’an Al-Hikam Kota Depok, Arif Zamhari kepada pewarta menuturkan, HSN sama dengan Hari Kiai, yang dalam artian keberadaan santri dalam berkontribusi diakui oleh negara. Walaupun, dalam berjuang tidak mendapat pengakuan.

“Hari Santri ini patut menjadi motivasi serta pembelajaran bahwa para santri terdahulu itu belajar dan ikut terpanggil melawan penjajah. Untuk saat ini apa yang diperjuangkan para santri tentu berbeda karena mereka sekarang mereka berjuang tanpa membawa senjata,” tuturnya.

Ia menjelaskan, perjuangan para santri masa kini adalah dengan belajar atau mencari ilmu sambil memahami kondisi ekonomi, sosial, politik, dan budaya yang sedang terjadi di lingkungan. Dalam konteks perjuangan, lanjutnya, adalah dengan cinta tanah air serta selalu siaga dalam menghadapi penjajahan dari luar.

“Saat ini adalah bagaimana mengkontekstualisasikan dalam perjuangannya dengan memperhatikan kondisi ekonomi dan sosial yang bermuara pada cinta tanah air serta memberikan perlindungan,” ungkapnya.

Dia mengibaratkan bahwa dahulu Pangeran Diponegoro adalah seorang santri yang gagah berani melawan para penjajah. Diponegoro berjuang dan tampil di depan memimpin perlawanan. Untuk itu, lanjutnya, dia berharap kepada para santri yang hidup di masa kemerdekaan untuk terus berjuang serta mengabdi untuk bangsa.

“Saat ada panggilan moral dan agama dalam mempertahankan kedaulatan negara maka itu menjadi sebuah kewajiban. Sebab, bila negara hancur maka para santri tidak bisa beribadah dengan nyaman dan aman,” tutupnya.(ws)

 

3

Ad Banner 728 x 90