Home Politik Relawan AMPM 2019 Lahirkan Pemimpin Muda, Bidik Generasi Milenial
Relawan AMPM 2019 Lahirkan Pemimpin Muda, Bidik Generasi Milenial

Relawan AMPM 2019 Lahirkan Pemimpin Muda, Bidik Generasi Milenial

12
0

Metro Depok – Perjalanan sejarah bangsa Indonesia tidak terlepas dari kiprah para pemuda di masanya. Terbukti, di awal pergerakan melalui organisasi dengan dibentuknya Boedi Oetomo pada 1908. Dilanjutkan dengan pelaksanaan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Hingga era Soekarno-Hatta yang akhirnya mampu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sejumlah anak muda yang kemudian menamakan diri Relawan Anis Matta Pemimpin Muda (AMPM) 2019, melakukan sebuah gerakan secara masif dan tersebar menyeluruh seantero nusantara, dengan tujuan kembali membangkitkan dan meningkatkan peranan pemuda dalam kepemimpinan dan berbagai sendi kehidupan.

Relawan ini terbentuk dari sebuah ide dan narasi besar dengan tagline Kobarkan Semangat Indonesia. AMPM 2019 memiliki tujuan menanamkan pemahaman dan semangat pemimpin kepada para generasi muda, generasi milenial di era kekinian.

Relawan AMPM 2019 Jawa Barat, Gunawan menuturkan salah satu sosok pemuda yang ingin ditampilkan, sesuai dengan nama komunitas ini adalah Anis Matta. Anis merupakan salah satu calon presiden yang dimunculkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jelang kontestasi Pilpres 2019.

“Kami mengusung satu tema besar, yakni Kobarkan Semangat Indonesia dan visi Arah Baru Indonesia,” tuturnya saat ngobrol santai bersama media di Cafe Motorage, Depok Town Square, Jalan Margonda Raya, Jumat (06/04).

“AMPM ingin anak muda sadar, Indonesia bisa menjadi pemimpin dunia (global leader). Yang kita butuhkan adalah pemimpin besar. Nah, kita siapkan pemimpin itu dari sekarang,” ujar Gunawan.

Dengan ide, cita-cita, dan narasi besar itu, lanjutnya, AMPM membidik segmen generasi milenial. Anak muda harus mendapatkan pemahaman dan sadar bahwa Indonesia adalah sebuah negara besar dan kaya raya. Generasi milenial inilah yang akan menerima tongkat estafet kepemimpinan di era mendatang.

Pemahaman pada generasi milenial diberikan melalui diskusi dan workshop, baik di warung kopi maupun kafe. “Karena ini menyasar pada generasi muda, bahasa yang disampaikan juga sesuai dengan mereka. Ternyata banyak dari mereka yang telah berpikir ke arah masa depan. Harus juga diketahui, para pemimpin di berbagai zaman, termasuk saat ini terlahir dari pemuda-pemuda yang aktif di berbagai kegiatan saat sekolah maupun di kampus. Mereka tidak langsung jadi, tapi berproses,” paparnya.

Sementara, Koordinator Relawan AMPM 2019 Chapter Depok, Salahudin Yuswa menambahkan di Kota Depok sudah terkoordinasi 173 relawan melalui grup media sosial whatsapp.

“Dari segi legalitas, kami baru melakukan perapihan pengurus. Saat ini sudah terbentuk tataran ketua, sekretaris, dan bendahara,” tutur Isal, sapaan akrabnya.

Pihaknya pun berencana mengikuti roadshow ke Jabar guna mensupport pendeklarasian tingkat Jabar pada 22 April. Sedangkan untuk Depok, rencananya, AMPM 2019 Chapter Depok akan dideklarasikan pada 5 atau 12 Mei.

“Deklarasi untuk Depok, akan kami buat seunik mungkin dan akan lebih cair kepada komunitas serta masyarakat. Insya Allah, jika tidak ada
halangan, kami akan datangkan juga pak Anis Matta,” kata Isal.

Sejumlah agenda yang sudah disiapkan diantaranya melakukan roadshow ke lingkungan sekolah dan kampus untuk melakukan diskusi.

“Saat ini kami masih berdiskusi dengan anak-anak kampus, yang tergabung dalam unit-unit kemahasiswaan. Masih dalam tataran itu. Selain itu, juga dengan komunitas di Depok, seperti klub motor besar dan Bike to Work, dan lainnya,” tandasnya. (Her/MD/JPG)

12

Ad Banner 728 x 90